Tips Sehat Menggunakan Laptop

By Categories : Tekno

Laptop sering dimanfaatkan oleh kebanyakan orang untuk menyelesaikan pekerjaan seperti sekolah, kerjaan, sampai dengan tugas kuliah. Tak jarang dari hal tersebut menimbulkan beberapa permasalahan yang muncul pada tubuh seperti mata lelah akibat penggunaan, punggung terasa pegal, dan masalah lainnya.

Memang laptop menjadi banyak pilihan bagi kebanyakan kalangan, dikarenakan sifat dari laptop yang mudah dan sederhanana untuk dibawa ke mana-mana. Oleh karena itu untuk menghindari permasalahan saat penggunaan laptop, sebaiknya Anda perlu mengetahui beberapa tips sehat menggunakan laptop.

Tips Sehat Menggunakan Laptop

Berikut Tips Sehat Menggunakan Laptop

Usahakan untuk Memilih Posisi Duduk yang Nyaman

Ketika Anda menggunakan laptop, carilah posisi duduk yang nyaman untuk tubuh. Disarankan untuk memilih kursi yang bisa diatur untuk ketinggian, serta terdapat sandaran untuk punggung. Selain itu jangan lupa untuk membentuk sudut sampai 90 derajat dengan posisi tangan dan meja sejajar, serta lutut dan juga pinggul.

Hindari untuk Meletakkan Laptop di Atas Pangkuan

Mungkin kebanyakan orang sering menggunakan laptop di atas pangkuan. Hal ini ditambah dengan dukungan laptop yang bisa digunakan di berbagai tempat. Namun ternyata secara kesehatan, cara yang satu ini justru tidak baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk kesehatan kulit. Secara tidak langsung kulit akan terkena radiasi dari laptop. Oleh sebab itu sebaiknya letakkan laptop di atas meja atau bisa juga diletakkan di atas colling pad ketika menggunakannya. Bagi Anda yang terpaksa menggunakan di atas pangkuan, terdapat alternatif lain dengan menggunakan laptop cooling mat yang bisa menyerap panas dari laptop.

Jangan Gunakan Laptop Sambil Tiduran

Tips sehat menggunakan laptop berikutnya adalah hindari penggunaan laptop sambil tiduran. Hal ini memang terlihat lebih santai dan rileks, namun nyatanya hal tersebut dapat mengganggu kesehatan tubuh terutama untuk kesehatan mata dan leher. Akibat dari hal tersebut adalah mata dan leher akan cepat lelah, sehingga kemungkinan besar resiko dari minus pada mata. Tentu Anda tidak ingin mata menjadi minus.

Menggunakan Mouse

Mouse merupakan perangkat keras komputer yang diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah menggerakan kursor pada PC ataupun pada laptop. Selain mempermudah, juga berguna untuk membatasi gerakan pada tangan untuk memungkinkan terjadinya cedera dalam jangka waktu lama. Terlebih lagi saat ini terdapat mouse weireless yang tak membutuhkan kabel melainkan Bluetooth.

Jangan Lupa untuk Istirahat

Setelah mengoperasikan laptop terlalu lama, sebaiknya berilah waktu beberapa saat untuk tubuh. Meregangkan tubuh serta melakukan gerakan-gerakan ringan. Hal tersebut bertujuan untuk memperlancar peredaran darah, meregangkan otot pada tubuh. Jangan lupa juga untuk memejamkan mata beberapa menit, untuk menghindari kelelahan pada mata.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai tips sehat menggunakan laptop yang bisa Anda ketahui.

Loading...