Tips Sehat Bermain Game yang Perlu Diperhatikan

By Categories : Tekno

Bermain game melalui Play Station, Sega, Xbox, PC, atau pun melalui mobile menjadi salah satu sarana hiburan untuk menghindari stress. Banyaknya pilihan game menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang yang suka bermain game. Di balik itu semua terdapat dampak positif dan dampak negatif yang bisa diambil. Jika dilakukan secara berlebihan tentu akan berdampak negatif bagi diri sendiri. Bagi Anda yang suka bermain game ingin mendapatkan dampak positifnya, alangkah baiknya jika menyimak ulasan mengebai tips sehat bermain game di bawah ini!

 Tips Sehat Bermain Game

Berikut Tips Sehat Bermain Game yang Perlu Anda Ketahui

Membatasi Waktu Dalam Bermain Game

Salah satu tips sehat saat bermain game yang perlu diperhatikan adalah membatasi waktu dalam bermain game. Biasanya orang lupa akan waktu ketika dirinya tengah asik bermain game. Hal ini tentu tidak benar, mengingat resiko yang ditimbulkan terlalu lama dalam bermain game. Dampak negatif yang bisa ditimbulkan dalam bermain game seperti mata lelah, lupa makan, minum, istirahat yang bisa menyebabkan kelelahan, dehidrasi, dan juga pusing. Oleh karena itu sebaiknya membatasi waktu merupakan langkah yang tepat.

Bermain Game yang Mampu Mengasah Otak Anda

Terdapat banyak game yang bisa meningkatkan daya pikir seseorang misal saja seperti game teka-teki , game puzzle, game strategi, serta banyak lagi. Game-game tersebut memaksa pemain untuk berpikir agar dapat melewati setiap level serta menyelesaikannya. Sebelum Anda bermain game sebaiknya menganalisa terlebih dahulu game tersebut, apakah memiliki dampak positif dengan hiburan dan juga mengasah otak atau bahkan tidak sama sekali.

Menghindari Game yang Dapat Memancing Emosi Berlebihan

Tips sehat bermain game selanjutnya adalah dengan menjaga emosi. Tingkat kesulitan dalam bermain game memang ada, tak jarang membuat para pemain merasa emosi dengan game tersebut. Rasa emosi tersebut biasanya disebabkan karena para pemain tidak bisa menyelesaikan atau melewati permainan dalam game tersebut. Untuk itu sebaiknya Anda tak perlu emosi yang berlebihsan seperti membanting joy stick, atau lainnya. Jika Anda memiliki tingkat emosi yang tinggi sebaiknya menghindari game genre tersebut atau bisa juga istirahatkan mata terlebih dahulu setelah itu baru memainkannya lagi.

Mencoba Game yang Memerlukan Gerakan

Bermain game sambil berolahraga menjadi hal menyenangkan sekaligus menyehatkan badan. Bagi Anda yang memiliki game dengan adanya sensor gerak menjadi keuntungan dalam kesehatan dan hiburan. Pada umumnya game tersebut memerlukan gerakan. Adapun game tersebut seperti game dance yang memerluka gerakan. Semakin lihai dalam bermainnya maka score semakin banyak. Game ini membutuhkan karpet kusus game yang terhubung langsung dengan perangkat game konsol atau PC. Biasanya para remaja menyukai game dengan jenis ini.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa tips sehat bermain game yang perlu Anda perhatikan. Yang terpenting adalah ketika bermain game jangan lupa akan waktu untuk makan, minum, dan juga istirahat. Baca juga Game asah otak Android terbaik.

Loading...