Tips Merawat Tablet Agar Awet

By Categories : Hardware

Tips merawat tablet dibutuhkan agar tahan lama, sama seperti halnya barang elektronik lain (Baca Juga Cara Merawat Laptop Agar Awet ). Memang terlihat mudah dalam melakukan perawatan terhadap gadget seperti tablet. Namun kebanyakan orang tidak mengetahui mengenai cara perawatan tablet yang benar, seperti halnya Cara Merawat Smartphone.

Terkadang orang hanya memakai tanpa memikirkan perawatan setelah dipakai untuk keperluan pribadi. Padahal dengan adanya perawatan maka tablet akan lama alias awet, selain itu juga dapat terlihat bagus untuk fisik luar. Nah bagi Anda yang ingin mengetahuinya mengenai tips merawat tablet yang benar agar awet, dibawah ini adalah ulasan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

tips merawat tablet

Tips Merawat Tablet Agar Awet

Jauhkan dari Suhu Panas dan Dingin

Jauhkan tablet PC dari panas dan kelembapan tinggi, selain itu jauhkan juga dari sinar matahari. Hal tersebut memang dapat merusak komponen didalamnya. Apalagi komponen dalam tablet sangat rentan terhadap suhu panas atau suhu dingin.

Menggunakan Lapisan Antigores

Pakailah lapisan antigores yang bertujuan agar layar tablet terlindungi dari goresan. Jika tablet anda sudah memiliki kaca pelindung dengan lapisan terbaik seperti Gorilla Glass (Baca Juga Jenis Layar Antigores) tak ada salahnya jike menggunakan lapisan antigores lagi, hal ini malah semakin bagus untuk tablet Anda.

Jangan Menggunakan Tablet Terlalu Berlebihan

Tips merawat tablet agar awet dan tahan lama berikutnya adalah jangan menggunakan tablet terlalu berlebihan. Gunakanlah tablet dengan bijak dan cermat dan secukupnya saja, karena jika tablet digunakan terlalu lama akan mengalami panas berlebih. Hal tersebut tentu dapat membuat komponen didalamnya mengalami kerusakan dan akibatnya tablet akan sering mati sendiri atau sering nge-hang.

Jangan Meletakkan Tablet di atas Barang Elektronik

Jangan meletakkan tablet di atas barang elektronik atau di sebelahnya. Seperti DVD player, televisi, laptop, serta perangkat elektronik lainnya. Lalu mengapa tidak diperbolehkan? Karena untuk menghindarkan tablet dari interferensi medan magnet atau gelombang elektromagnetik yang dapat mengakibatkan kerusakan pada tablet.

Jangan Mengisi Daya, sambil Menggunakannya

Tips merawat tablet berikutnya adalah jangan mengisi daya, sambil menggunakannya. Kebiasaan banyak orang menggunakan sambil mengisi daya. Hal tersebut sebenarnya justru dapat merusak baterai, sehingga komponen baterai akan terganggu. Akibatnyabaterai pada tablet akan mengalami kerusakan dan cepat drop atau cepat habis.

Gunakan Antivirus untuk Melindungi dari Dalam

Tidak hanya melindungi dari luar saja, melainkan dari dalam juga perlu Anda lakukan. Misalnya seperti memasang antivirus yang berguna untuk menghindari tablet dari serangan virus yang dapat mengakibatkan kinerja tablet menjadi lemot atau lelet. Jangan sekali-kali mengunduh aplikasi dari web yang belum diketahui, jika pengguna Android unduh melalui Google Play Store, untuk Windows melalui Play Store, untuk iOS melalui App Store.

Jangan Terlalu Lama Mengisi Baterai

Tips merawat tablet yang ketujuh adalah dengan cara jangan terlalu lama mengisi baterai, jika baterai sudah penuh langsung saja untuk mencabut adaptor atau pengisi daya baterai.

Nah itulah beberapa tips mudah mengenai tips merawat tablet agar tahan lama atau awet. Sekian dan semoga bermanfaat untuk Anda.

Loading...