Tips Melindungi Laptop dari Virus dan Malware

By Categories : Hardware

Virus dan malware merupakan masalah yang selalu mengancam perangkat komputer maupun laptop. Malware dan virus dapat berasal dari internet atau aplikasi berbahaya. Virus dan malware dapat dikatakan sebagai sebuah penyakit yang dapat meyerang kapan saja pada sebuah komputer. Seperti halnya dengan manusia yang membutuhkan obat, ketika sakit maka laptop pun juga membutuhkan perlindungan yang optimal agar terhindar dari serangan malware serta virus.

Untuk melindungi laptop di butuhkan beberapa upaya, salah satunya dengan menggunakan antivirus. Apalagi mengingat jika virus dan malware sudah masuk ke laptop atau komputer maka akan menginfeksi data atau aplikasi di dalamnya. Bagi orang awam, pembahasan kali ini sangat tepat karena membahas mengenai tips melindungi laptop dari virus dan malware. Langsung saja berikut adalah pembahasannya.

cara melindungi laptop dari virus

Tips Melindungi Laptop dari Virus dan Malware

Meng-Instal Software Antivirus

Tips melindungi laptop dari virus dan malware yang pertama adalah dengan memasang atau meng-instal antivirus pada laptop atau komputer. Cara ini memang sangat dianjurkan mengingat peran antivirus memberikan perlindungan dari ancaman virus. Untuk anda yang ingin mendapatkan antivirus gratis, maka anda dapat menggunakan seperti Avira, AVG, atau Microsoft Security Essentials yang merupakan antivirus dari Microsoft yang diberikan secara gratis namun tetap handal dalam kinerja. Nah bagi anda yang punya dana, anda dapat membeli antivirus tentunya antivirus berbayar mempunyai fitur yang lebih lengkap.

Menggunakan Firewall

Pada pengguna Windows gunakan dan aktifkan Firewall yang dapat anda lihat melalui Control Panel. Firewall sangat penting untuk melindungi komputer anda, karena Firewall berfungsi untuk menyaring dan memonitor data yang dikirim maupun yang diterima melalui internet ketika anda sedang meng-akses internet. Baca juga 5 Cara Mendeteksi Malware

Update Antivirus Anda Berkala

Tips melindungi laptop dari virus berikutnya adalah dengan cara meng-update antivirus anda secara berkala. Langkah ini sangat penting dalam melindungi laptop. Jangan membiarkan antivirus ketika sudah meng-instalnya, lakukan update secara berkala. Tujuan dari update antivirus ini adalah untuk mengetahui virus terbaru dengan update database sehingga antivirus akan mengetahui data virus yang baru dan memberikan perlindungan yang optimal.

Memindai dan Lakukan Scan pada USB

USB atau Flashdisk biasa digunakan untuk men-transfer data antara laptop satu dengan laptop yang lain. Dengan USB maka mentransfer file besar akan menjadi mudah. Nah ketika transfer data tersebut di khawatirkan terdapat virus pada USB yang dapat membahayakan laptop anda. untuk menanganinya, anda cukup dengan memindai atau melakukan scan pada USB tersebut sebelum anda buka agar USB benar-benar aman dan bersih dari virus, malware atau semacamnya. Baca juga 5 Macam Antivirus untuk PC dan Laptop.

Jangan Meng-instal Aplikasi Sembarangan

Tips melindungi laptop dari virus selanjutnya adalah jangan meng-instal aplikasi sembarangan. Biasanya orang awam melakukan kesalahan dengan meng-instal aplikasi yang tidak jelas. Aplikasi tersebut dapat membawa malware atau virus yang dapat membuat kinerja laptop anda berat serta lemot. Nah untuk itu anda harus berhati-hati dalam meng-instal dan pastikan aplikasi tersebut aman untuk laptop anda dengan men-scan terlebih dahulu jika dalam bentuk .rar.

Nah itulah sedikt tips melindungi laptop dari virus dan malware, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda. Baca juga artikel lainnya Perbedaan Antara Virus Komputer, Malware, Spyware, serta Worms.

Loading...