Tips Aman Menggunakan Smartphone dari Ancaman Hacker

By Categories : Gadget

Keamanan pada sebuah smartphone menjadi prioritas utama yang perlu diperhatikan. Apalagi jika terdapat file atau data penting di dalam smartphone tentunya memerlukan perhatian khusus dengan menjaga privasi. Meskipun pengguna dapat menggunakan fitur keamanan seperti lock, tetapi juga memerlukan keamanan lain dari serangan hacker yang kedatangannya tidak bisa diduga.

Tips Aman Menggunakan Smartphone

Untuk itu sebagai pengguna smartphone seperi Android, iOS, maupun Windows Phone, Anda perlu waspada dari ancaman malware, virus, dan juga serangan hacker. Nah agar Anda mengetahui bagaimana saja tips aman menggunakan smartphone dari ancaman hacker, berikut terdapat beberapa tips yang bisa Anda ketahui.

Berikut Tips Aman Menggunakan Smartphone yang Dapat Anda Ketahui

Menghindari Penyimpanan Password pada Browser

Tips aman dalam menggunakan smartphone yang pertama adalah menghindari penyimpanan password pada browser. Password yang tersimpan pada browser memang lebih memudahkan para pengguna untuk dapat login secara tepat tanpa memasukkan terlebih dahulu. Namun hal ini juga memiliki kelemahan ketika hacker berhasil menyusup masuk ke dalam perangkat Anda, tentunya akan membahayakan akun email, atau berbagai sosial media yang Anda miliki.

Melakukan Backup Data Anda

Tips aman yang kedua adalah melakukan backup terhadap data pribadi yang Anda miliki. Melakukan backup terhadap data pribadi sangat diperlukan untuk mengurangi resiko kehilangan data ketika perangkat smartphone Anda sedang eror atau ketika kehilangan. Dengan backup data Anda lebih mudah untuk mengontrol semua data penting yang Anda miliki.

Gunakan Fitur Keamanan Lebih

Saat ini sudah banyak smartphone dengan fitur keamanan tinggi untuk mencegah terjadinya pencurian oleh pihak tak bertanggung jawab. Anda dapat mengunci smartphone dengan menggunakan pola atau password. Perlu diingat jika menggunakan fitur keamanan pola usahakan hanya Anda yang mengetahui, sedangkan untuk password hindari nama Anda, tanggal lahir, bulan, maupun tahun lahir.

Gunakan Aplikasi Pelacak pada Smartphone

Tips aman menggunakan smartphone yang keempat adalah dengan memasang aplikasi pelacak pada smartphone. Saat ini banyak smartphone yang bisa menggunakan aplikasi pelacak atau disebut juga dengan aplikasi tracking. Aplikasi ini membantu Anda untuk memastikan apakah smartphone Anda dicari atau terselip di tempat lain. Jika posisinya sudah terlalu jauh dari lokasi Anda, bisa jadi smartphone Anda diambil orang lain. Untuk smartphone Android terdapat beberapa aplikasi pelacak yang bisa diunduh melalui Google Play, sedangkan untuk iOS dapat dicari melalui App Store sebagai contoh adalah aplikasi Find My Iphone.

Gunakan Antivirus

Hacker identik dengan pencurian data yang dilakukan dengan cara memasukkan malware berbahaya melalui aplikasi atau melalui internet. Nah untuk mengatasi hal tersebut Anda memerlukan antivirus terpercaya yang bisa membendung malware dan sejenisnya untuk mengantisipasi ulang orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu jangan asal sembarangan mengunduh aplikasi, sebaiknya Anda mengunduh melalui store resmi setiap sistem operasi yang Anda gunakan.

Demikianlah tadi seputar ulasan mengenai beberapa tips aman menggunakan smartphone dari ancaman hacker maupun pencurian oleh orang tak bertanggung jawab. Baca juga artikel terkait Tips aman menggunakan internet.

Loading...