Perbedaan Power Bank Xiaomi Asli Dan Palsu

By Categories : Hardware

Perilaku membajak yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab telah merugikan banyak orang, mulai dari perusahaan yang produknya dibajak, hingga pelanggan yang terjebak dan membeli barang palsu. Pembajakan tidak hanya dilakukan pada kaset, handphone, ataupun laptop dan barang-barang elektronik lainnya. Produk-produk lain seperti power bank Xiaomi yang tegah banyak disenangi oleh masyarakat pun kini telah banyak dibajak dan dipalsukan. Di beberapa Negara, produk-produk Xiaomi palsu mulai beredar dan dijual oleh berbagai relailer dan resellel tidak resmi.

Jika kita lihat secara sekilas, perbedaan power bank xiaomi asli dan palsu sendiri tidak begitu kentara. Padahal, kualitas yang dimiliki oleh power bank Xiaomi sangat berbeda jauh dari power bank Xiaomi palsu. Power bank xiaomi palsu memiliki kualitas yang sangat buruk, bahkan bisa terbakar dan meledak secara tiba-tiba.

Power Bank Xiaomi Asli Dan Palsu

Oleh sebab itu, perlu dilakukan upaya pencegahan agar kita tidak tertipu saat ingin membeli barang merk Xiaomi ini. Mengetahui ciri-ciri barang original dan barang palsu akan membatu anda terhindar dari kesalahan dalam membeli barang elektronik. Berikut adalah beberapa perbedaan power bank Xiaomi asli dan palsu yang perlu anda ketahui:

Lampu indikator
Lampu indikator Xiaomi asli berukuran lebih kecil dari lampu indikator Xiaomi palsu.

Micro USB port
Power bank Xiaomi asli memiliki micro USB port berwarna putih sedangkan pada Power bank Xiaomi palsu memiliki USB port berwarna hitam. Selain itu, di bagian atas USB port, power bank Xiaomi palsu memiliki warna hitam dan pada power bank Xiaomi asli berwarna krem.

Bahan body power bank
Power bank xiaomi palsu terbuat dari bahan yang murahan sehingga bisa membahayakan bagi kita. Secara sekilas, kita bisa melihat power bank xiaomi palsu terlihat begitu mengkilap dan memiliki warna yang tidak halus.

Label
Berikutnya adalah label yang tertulis pada power bank. Pada power bank Xiaomi palsu, label tertulis jelas sedangkan pada barang yang asli, label terlihat kabur dan tidak jelas. Selain itu, logo MI yang tertera pada body power bank palsu juga memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan logo MI yang tertera pada logo Xiaomi asli. Ini adalah perbedaan power bank xiaomi asli dan palsu yang paling menonjol dan paling mudah kita kenali.

Rangkaian baterai
Jika kedua power bank Xiaomi di bongkar, anda akan menemukan rangkaian baterai yang berbeda. Pada barang yang asli, baterai menggunakan merk LG yang disambung dengan rangkaian baik. Pada power bank bajakan, baterai menggunakan merk yang tidak jelas dan hanya disambung dengan menggunakan kawat tipis yang berbahaya. Kawat ini mudah panas, sehingga baterai dapat meledak jika power bank digunakan secara terus menerus sepanjang hari. Baca juga tips memilih power bank.

Loading...