Penyebab Android Cepat Panas

By Categories : Hardware

Sebagai pengguna ponsel pintar tentu pernah mengalami berbagai permasalahan yang menghampirinya. Masalah-masalah tersebut beragam satu sama lain namun tetap membuat jengkel para pengguna terlebih saat digunakan untuk keperluan hal penting. Namun tahukah Anda penyebab sebenarnya permasalahan pada ponsel Android Anda yang terkadang menjadi mudah panas yang juga bisa menyebabkan ponsel menjadi hang? Nah untuk Anda belum mengetahui dan ingin mengetahuinya, langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini.

penyebab Android cepat panas

Berikut Penyebab Android Cepat Panas

Komponen Ponsel Berdebu

Penyebab Android cepat panas yang pertama adalah komponen ponsel berdebu. Komponen pada ponsel yang berdebu dapat menyebaban ponsel menjadi cepat panas. Hal ini dikarenakan ketika ponsel berdebu maka sirkulasi udara di dalam ponsel tidak dapat bersirkulasi dengan baik, dikarenakan adanya debu yang menghambat. Kotoran debu yang menempel lama kelamaan akan menumpuk dan menjadi banyak. Penyebab debu menumpuk pada ponsel banyak seperti polusi udara yang masuk, debu udara yang masuk, dan banyak lagi. Solusinya adalah membersihkan debu yang menempel secara berkala.

Permasalahan pada Jaringan Ponsel

Untuk penyebab yang satu ini mungkin sering tanpa disadari para pengguna ponsel Android. Penyebab ponsel Android cepat panas dapat disebabkan karena permasalahan pada jaringan yang terganggu. Jaringan yang terganggu seperti sulitnya mendapatkan sinyal akan membuat ponsel Anda mengalami cepat panas. Selain itu penggunaan aktivitas internet terlalu lama juga akan menyebabkan ponsel Android cepat panas. Oleh sebab itu dibutuhkan beberapa cara untuk mengatasi Android cepat panas.

Malware, Virus, dan Sejenisnya

Penyebab Android cepat panas yang ketiga adalah adanya infeksi malware, virus atau sejenisnya ke dalam perangkat Android Anda. Datangnya malware, virus dan sejenisnya ke perangkat Android Anda beragam mulai dari aplikasi yang terinfeksi virus sampai dengan saat mengakses internet. Aplikasi yang terinfeksi virus biasanya sering diunduh melalui situs tak resmi, cara mengatasi Android cepat panas karena malware adalah disarankan untuk mengunduh aplikasi melalui Playstore yang memiliki keamanan tinggi. Selain menyebabkan panas, malware yang menginfeksi juga dapat menyebabkan pencurian data.

Terjadi Kerusakan pada Baterai Smartphone

Penyebab Android cepat panas yang ketiga adalah kemungkinan terjadi kerusakan pada baterai ponsel Anda. Baterai ponsel Android dapat cepat rusak dikarenakan penggunaan yang salah seperti mengisi daya sambil menggunakan, baterai sampai keadaan habis 0 persen, serta pengisian daya dalam jangka waktu lama yang menimbulkan kelebihan muatan. Jika baterai sudah mengalami gangguan maka dapat menyebabkan ponsel menjadi cepat panas dan mengalami gangguan.

Mesin Bekerja secara Belebihan

Penyebab yang terakhir adalah mesin hardware ponsel Android Anda bekerja secara berlebihan yang dapat menyebabkan overheat. Pada proses ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti penggunaan terlalu lama, umur ponsel sudah terlalu lama, menjalankan banyak aplikasi berat, aplikasi yang masih berjalan pada background, serta penggunaan wallpaper yang bergerak.

Nah itulah tadi beberapa penyebab Android cepat panas yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Antivirus terbaik 2015.

Loading...