Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Amd

By Categories : Hardware

Jika Anda memiliki sebuah perangkat komputer baik itu PC atau laptop, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan kata “Processor”. Processor merupakan salah satu perangkat hardware terpenting dalam sebuah komputer. Hal ini dikarenakan processor merupakan pemegang kunci utama apakah perangkat komputer itu bisa berjalan atau tidak. Setidaknya saat ini ada dua brand processor terkenal yaitu AMD dan Intel. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan AMD. Jika diibaratkan processor merupakan “otaknya” komputer. Hardware inilah yang mengatur kerja semua perangkat yang terhubung, processor sangat menentukan kinerja, kualitas, dan performa sebuah komputer, komputer tanpa processor tidak akan mungkin berjalan.

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Amd

Karena perannya yang amat sangat penting maka perangkat processor ini kerap kali menjadi perbincangan hangat, malah selalu dibanding-bandingkan dengan brand lainnya. Jika Anda seorang gamers, terutama jika Anda kerap memainkan game lewat PC, spesifikasi processor pasti hal utama dan pertama yang paling Anda perhatikan lalu kemudian memperhatikan RAM, dan grafik.

Namun biasanya tetap saja processor yang baik selalu diikuti dengan spesifikasi RAM ( Random Acsess Memory) dan spesifikasi grafik yang baik pula. Hal ini dimaksudkan agar tercipta keseimbangan dan agar hubungan antar perangkat inti dalam komputer tersebut bisa berjalan lancar. Langsung saja kita bahas kelebihan dan kekurangan AMD. Berikut kelebihan dari AMD:

  • AMD memiliki teknologi AMD64 yang sangat baik dan efektif menjalankan aplikasi berbasis 64-bit
  • AMD memiliki harga jual yang lebih murah dibandingkan intel, namun tetap dengan kualitas yang mumpuni
  • Untuk urusan grafis AMD lebih kuat dan detail dibandingkan Intel
  • Enhanced Virus Protection merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan processor bisa mendeteksi virus yang masuk ke sistem atau kebagian inti processor
  • Memiliki kualitas APU dan GPU yang tergolong baik untuk aktivitas multimedia dan game

Setelah Anda mengetahui beberapa kelebihan dari Processor AMD, selanjutnya akan kita bahas kekurangan dari processor AMD ini:

  • Jika Anda seorang pecinta gamers, ternyata tidak semua jenis game bisa kompatibel atau cocok dengan processor ini.
  • Untuk urusan brand diakui atau tidak AMD kalah pamor atau kalah tenar dibandingkan dengan seterunya Intel, sehingga masyarakat banyak yang lebih memilih intel daripada AMD
  • Processor AMD ternyata lebih cepat panas atau bahkan overheating, namun untuk mengatasinya di produk Asus, sudah ditambahkan ice cooler untuk meminimalisir overheat.

Terlepas dari semua kelebihan dan kekurangan AMD, semuanya kembali diserahkan kepada Anda sebagai end user atau pengguna terakhir. Memilih produk AMD atau yang lain semuanya harus berdasarkan kebutuhan, kemampuan, dan keinginan Anda tentunya, jika Anda merasa lebih cocok menggunakan AMD, yang tidak ada salahnya untuk menggunakan produk ini. Demikian, semoga bermanfaat. Baca artikel terkait Perbedaan AMD dan Intel.

Loading...