Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Smartphone

By Categories : Tekno

Dalam membeli smartphone memerlukan beberapa pertimbangan khusus serta beberapa tips membeli smartphone baru. Kini sudah banyak smartphone dengan merk beragam yang menawarkan spesifikasi dan harga yang berbeda. Smartphone atau ponsel pintar menjadi pilihan banyak orang karena memiliki kemampuan yang beragam seperti bermain game, menonton video serta akses internet.

Kehadiran sebuah smartphone di kalangan masyarakat sudahlah tidak asing, mengingat terdapat smartphone murah dan berkualitas yang banyak menjadi pilihan. Bahkan smartphone kini menjadi barang primer sama halnya dengan pakaian. Kemudahan dalam penggunaan, fitur beragam, serta dapat dibawa kemana-mana menjadi salah satu alasan bagi kebanyakan orang.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Smartphone

Namun untuk membeli sebuah smartphone, Anda perlu mempertimbangkan hal-hal khusus agar merasa puas ketika sudah membelinya. Untuk itu sekedar memberikan informasi kepada Anda, berikut adalah hal yang perlu diperhatikan saat membeli smartphone!

Berikut Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Smartphone

Lama Garansi yang Dimiliki

Lama garansi untuk sebuah smartphone baru yang dibeli menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Hal ini bertujuan ketika ponsel mengalami masalah, selama garansi masih ada maka Anda tidak perlu khawatir. Namun Anda juga perlu mengetahui apa saja yang termasuk garansi apakah termasuk pergantian komponen atau tidak, lama garansi, serta apa saja yang membuat garansi tidak berlaku. Untuk beberapa kerusakan akibat diri sendiri seperti jatuh ke air, jatuh, dan hal lainnya maka biasanya garansi tidak berlaku.

Buku Manual

Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli smartphone yang pertama adalah buku manual. Sebagian orang jarang memperhatikan keberadaan buku manual ketika mereka membeli smartphone. Padahal barang yang satu ini sangat penting peranannya untuk mengetahui bagaimana saja cara penggunaan yang benar. Di dalam buku manual terdapat berbagai macam informasi seputar smartphone yang Anda beli. Oleh sebab itu ketika membeli sebuah smartphone baru, sebaiknya untuk melihat-lihat isi dari buku manual tersebut.

Service Centre

Hal yang satu ini juga perlu diperhatikan saat membeli sebuah smartphone. Keberadaan service centre sangat penting, ketika sebuah smartphone mengalami masalah. Carilah smartphone yang memiliki servis centre yang berada di tempat tinggal Anda. Jika tidak ada service centre biasanya garansi tidak akan berlaku, sebab garansi pada sebuah smartphone hanya berlaku untuk tempat service dengan merk tersebut. Namun yang perlu Anda perhatikan juga adalah menghindari service centre untuk menampung smartphone saja, sedangkan pengerjaannya perbaikan dialihkan di tempat lain.

Suku Cadang

Sama halnya dengan kendaraan, suku cadang pada sebuah smartphone juga perlu diperhatikan. Usahakan untuk memilih smartphone asli dan bukanlah KW. Pasalnya smartphone dengan kualitas KW atau palsu jika mengalami kerusakan maka akan susah untuk mencari suku cadangnya. Sedangkan untuk smartphone asli akan mudah diperbaiki dengan dibawa ke service centre resminya.

Harga Jual

Untuk hal yang satu ini sebenarnya tergantung dengan setiap orang. Untuk Anda yang mudah bosan dengan segala sesuatu sebaiknya memikirkan hal ini. Sebagian orang menjual smartphone mereka dengan alasan ingin seri yang baru. Untuk tipe orang seperti itu sebaiknya memilih smartphone yang memiliki harga jual yang cukup tinggi dalam keadaan bekas.

Demikianlah tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli smartphone. Selain itu jangan lupa untuk melihat harga dan spesifikasi. Baca juga artikel mengenai Tips memilih smartphone.

Loading...