Perhatikan 5 Hal yang Dapat Merusak Baterai Smartphone

By Categories : Gadget

Tidak bisa dipungkiri bahwa kekuatan utama pada smartphone terletak pada baterai. Jika baterai tidak ada maka bisa dipatikan bahwa smartphone tersebut tidak bisa digunakan. Baterai sangat berperan penting dalam smartphone sebagai pemberi daya. Masalah saat ini yang sering dialami oleh para pengguna smartphone adalah baterai cepat habis.

Menyadari hal tersebut vendor-vendor smartphone melakukan berbagai inovasi untuk mengatasi hal tersebut. Namun sebenarnya terdapat cara untuk mengatasi boros baterai saat penggunaan, misal saja seperti membawa power bank saat bepergian, menggunakan aplikasi penghemat baterai, serta jangan terlalu lama menggunakan smartphone. Selain itu Anda juga harus memperhatikan 5 hal berikut ini yang dapat merusak baterai pada smartphone Anda!

Hal yang Dapat Merusak Baterai Smartphone

Berikut 5 Hal yang Dapat Merusak Baterai Smartphone

Mengisi Daya Baterai Semalam

Kebiasaan yang satu ini dapat merusak baterai smartphone jika dilakukan terus menerus. Mengisi daya baterai semalaman dapat mempengaruhi komponen baterai, sehingga dapat menimbulkan kerusakan seperti baterai cepat habis saat digunakan atau istilah lainnya adalah baterai nge-drop. Ini dikarenakan daya yang sebenarnya sudah penuh dan perlu dicabut, tetapi justru dibiarkan diisi daya semalaman yang dapat menyebabkan kelebihan daya serta baterai bocor. Oleh sebab itu usahakan untuk menghindari pengisian daya baterai semalaman, agar kualitas baterai lebih awet.

Baterai Jarang Dimatikan

Seperti halnya dengan manusia yang membutuhkan waktu untuk istirahat, begitu pula dengan kondisi baterai pada smartphone yang juga membutuhkan waktu untuk istirahat. Ketika ponsel sering digunakan non-stop tanpa berhenti maka akan mempengaruhi kondisi baterai dan kualitas smartphone. Akibatnya ponsel cepat panas yang akan menimbulkan baterai cepat habis serta mati sendiri. Kebiasaan buruk ini perlu dihilangkan dengan mematikan smartphone saat tidak digunakan untuk beberapa saat.

Ponsel Digunakan sambil Mengisi Daya

Hal yang dapat merusak baterai smartphone berikutnya adalah ponsel digunakan saat pengisian daya berlangsung. Menggunakan ponsel untuk keperluan menelpon, bermain game, atau chatting saat pengisian daya dapat mempengaruhi kualitas baterai. Akibatya adalah suhu akan meningkat secara tidak normal serta akan merusak cell pada baterai sartphone Anda.

Menggunakan Charger Tidak Sesuai

Hal ini yang bisa terjadi di kalangan pengguna smartphone. Biasanya ketika orang tidak membawa charger mereka saat di kantor atau di rumah temannya, sering mereka meminjam charger yang tidak sesuai dengan smartphone miliknya. Biasanya setiap charger memiliki voltase yang berbeda. Jika charger tersebut tidak cocok pada smartphone dapat mengakibatkan kerusakan, parahnya lagi sartphone tidak bisa dihidupkan. Untuk itu bagi Anda yang ingin mengisi daya, saat ini sudah tersedia charger on the go yang bisa digunakan semua smartphone dengan ujung micro usb sehingga aman untuk smartphone saat digunakan.

Digunakan Saat Suhu Panas

Ternyata saat suhu ruangan panas dapat mempengaruhi suhu pada smartphone. Akibatnya smartphone mengalami tingkat pemanasan, apalagi jika masih terus digunakan. Seperti yang diketahui di atas, bahwa suhu panas pada smartphone dapat mengurangi kinerja smartphone.

Itulah tadi 5 hal yang dapat merusak baterai smartphone yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga kualitas baterai. Baca juga artikel terkait mengenai Ciri-ciri baterai smartphone bocor.

Loading...