Cara Merawat Printer Agar Awet

By Categories : Hardware

Pada umumnya usia barang elektronik memiliki masa waktu sampai dengan di atas 3 tahun. Namun hal tersebut tentu membutuhkan cara perawatan yang baik agar barang tetap awet. Salah satu barang elektronik yang sering dibutuhkan orang adalah printer. Mesin printer digunakan dalam berbagai hal misal untuk keperluan mencetak gambar, mencetak tulisan, dan lain sebagainya.

Mesin printer yang terkenal seperti Epson, Canon, dan merk lainnya. Yang banyak menjadi permasalahan biasanya ketika mencetak tulisan tidak terlalu jelas, mesin printer tidak mau bekerja, dan masih banyak lagi. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti catridge rusak, atau tinta tinggal sedikit. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara merawat printer yang baik dan benar, silahkan simak ulasan dibawah ini!

cara merawat printer

Cara Merawat Printer

Mematikan Printer dengan Benar Dengan Cara Menekan Tombol Power

Tidak hanya laptop atau komputer saja dimatikan sesuai prosedur, printer juga harus dilakukan dengan cara yang sama. Ketika selesai pemakaian, alangkah baiknya jika printer dimatikan dengan cara yang benar yaitu menekan tombol power. Dengan begitu maka printer akan otomatis melakukan pembersihan pada permukaan head. Sehingga menjadikan head catridge lebih bersih dan terjaga. Untuk menghindari hal buruk, usahakan hindari mematikan printer dengan mencabut langsung kabel power.

Pengisian Tinta Secara Berkala

Untuk menjaga printer agar awet dan tahan lama sebaiknya melakukan isi tinta secara berkala. Tips ini dapat membuat head catridge pada printer menjadi awet dan tahan lama. Perlu diingat usahakan untuk mengisi tinta secara berkala untuk menghindari habisnya tinta pada printer. Baca juga artikel Aplikasi Karaoke untuk Android

Menggunakan Printer dengan Teratur

Printer yang terlalu lama tidak digunakan justru dapat merusak mesin dan mengakibatkan kebuntuannya pada nozzle karena tinta kering dan tidak mengalir. Hal ini disebabkan karena diameter dari nozzle ini sangat kecil. Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut sebaiknya menggunakan printer secara teratur dapat menjaga mengalir serta membasahi nozzle yang menjadi tempat keluarnya tinta. Bila hal seperti keringnya nozzle terjadi maka dapat mengakibatkan kerusakan pada head catridge yang harganya tentu mahal.

Menghindari Penggunaan Kertas yang Telah Kotor dan Berdebu

Pemakaian kertas yang berdebu dan kotor dapat berakibat buruk pada roll penarik kertas. Karena di saat Anda menggunakan kertas kotor dan berdebu maka roll pencetak kertas akan kotor juga. Bila hal ini terus terjadi maka lama kelamaan akan mengakibatkan ausnya pada roll yang berakibat kerusakan yang tidak dapat berfungsi untuk menarik kertas.

Menjaga Kebersihan Printer

Setiap barang elektronik diperlukan perawatan agar terhindar dari debu yang menempel. Debu yang menempel lama kelamaan akan menjadi tebal dan mempengaruhi kinerja. Hal ini juga berlaku pada mesin printer, jangan biarkan printer Anda terbuka saat tidak digunakan. Selalu tutup printer saat setelah pemakaian agar kotoran seperti debu tidak masuk ke dalamnya. Cara yang satu ini langkah paling mudah untuk dilakukan dalam menjaga printer agar awet dan tahan lama.

Itulah pembahasan mengenai cara merawat printer agar awet yang dapat Anda lakukan mengingat komponen dalam printer memiliki harga yang cukup mahal sekali pergantian. Baca juga artikel menarik lainnya Cara Twitter untuk Bisnis

Loading...