Cara Menggunakan Google Maps Offline di Android

By Categories : Software

Google Maps merupakan salah satu aplikasi paling populer di Android. Aplikasi ini juga sudah terpasang secara otomatis di smartphone dan tablet Android. Saat ini banyak orang yang beraktifitas di luar ruangan, misalnya karena tuntutan pekerjaan atau sekedar pergi ke suatu tempat. Mereka sering menggunakan aplikasi Google Maps sebagai peta penunjuk jika belum mengetahui tempat yang dituju.Google Maps Offline

Ada banyak fitur yang dapat digunakan pada Google Maps, dan aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis. Yang paling menarik adalah fitur-fitur tersebut mampu memberikan informasi yang cukup akurat sebuah tempat dan lokasi area yang akan Anda kunjungi. Selain itu informasi tersebut juga akan tersimpan agar orang lain yang akan mengunjungi tempat tersebut juga bisa mendapatkan informasi tambahan. ini membuat Google Maps menjadi aplikasi travelling terbaik untuk pengguna Android.

Fitur lain pada Google Maps yang dapat membantu Anda adalah fitur untuk menyimpan peta tentang tempat favorit. Anda akan menggunakan pin yang berfungsi untuk mengingatkan Anda tentang tempat tersebut tanpa harus mengunakan fitur search. Ini biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki tempat bisnis agar konsumen mudah menemukan tempat tersebut.

Beberapa waktu lalu, Google Maps untuk Android sudah diperbaharui. Mereka dapat menggunakan Google Maps offline di Android secara gratis. Ini sangat membantu jika Anda berada di suatu tempat yang susah mendapatkan jaringan, dengan fitur tersebut Anda tetap dapat menjalankan aplikasi ini tanpa menggunakan koneksi internet.

Cara download dan menyimpan lokasi Google Maps offline

  1. Sebelumnya pastikan Google Maps Anda merupakan versi terberu yaitu Google Maps 8.0. Setelah itu cari lokasi yang akan dituju.
  2. Setelah menemukan lokasi yang akan Anda tuju, tekan selama 3 detik lokasi tersebut hingga muncul “Dropped pin”. Kemudian “Save map to use offline”.
  3. Kemudian pada bagian “Save this map?”, Anda pilih save.
  4. Masukan nama tujuan yang akan di simpan, kemudian save.

Cara menggunakan Google Maps offline di Android

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuaka aplikasi Google Maps, kemudian pilih “ your places”.
  2. Kemudian Anda cari nama peta yang sudah Anda simpan sebelumnya. Perlu Anda ketahui jika maps akan tersimpan selama 30 hari terhitung dari awal Anda menyimpan. Jika waktu penyimpanan sudah habis maka Goggle Maps akan memberitahu Anda secara otomatis. Kemudian Anda dapat memperbaharuinya secara manual. Anda dapat menghapus atau mengganti nama tujuan dari maps yang tersimpan tersebut.

Anda disarankan mendownload peta lokasi yang Anda tuju menggunakan wi-fi jika peta lokasi berukuran besar. Itulah cara menggunakan Google Maps offline di Android yang bisa Anda coba. Cukup mudah dan tentunya akan memudahkan Anda saat melakukan perjalanan ke tempat yang tidak ada jaringan atau koneksi internet.

Loading...