Cara Menggunakan Clean Master pada Android

By Categories : Software

Clean Master merupakan salah satu aplikasi yang dapat diunduh secaragratis mekakui Playstore. Clean Master ini memiliki banyak fungsi dalam membersihkan file sampah. Dengan begitu membuat performa Android lebih meningkat, karena tidak terlalu terbebani akibat dari file sampah yang menumpuk. Terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan dalam mengoptimalkan perangkat Android Anda.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile ini mudah untuk digunakan, karena memiliki tampilan sederhana dan user friendly. Tetapi bagi Anda yang baru saja mencoba menggunakan Clean Master setelah mengunduhnya melalui Playstore, pada kesempatan kali ini membahas mengenai cara menggunakan Clean Master pada Android. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

cara menggunakan clean master pada Android

Berikut Cara Menggunakan Clean Master pada Android

Membersihkan Cache (File Sampah)

Clean Master memiliki fitur yang dinamakan “Berkas Sampah”. Fitur tersebut sangat berguna untuk membersihkan segala file sampah yang tersedia pada ponsel Android Anda. Setelah penggunaan akan muncul file sampah yang akan membebani ponsel Anda. Untuk itu sebaiknya file sampah tersebut perlu dibersihkan. Untuk cara menggunakannya sebagai berikut :

Masuk ke dalam fitur “Berkas Sampah”, kemudian tunggu beberapa saat sampai aplikasi selesai dalam melakukan proses scanning file sampah. Setelah selesai dalam melakukan proses scanning, silahkan pilih tombol “Bersihkan”. Dengan begitu semua file sampah yang terdapat pada ponsel Anda akan dihapus dan dibersihkan oleh aplikasi tersebut, sehingga membuat perangkat Android Anda lebih ringan saat digunakan.

Untuk Mendinginkan Perangkat

Tidak hanya membersihkan file sampah saja, Clean Master juga bisa digunakan untuk mendinginkan perangkat Android. Perangkat Android akan cepat panas ketika digunakan untuk menjalankan aplikasi berat atau berman game. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mendinginkannya dengan menggunakan fitur yang tersedia di Clean Master. Cara penggunaannya :

Masuk ke dalam fitur “Percepat Perangkat” setelah itu pilih “CPU lebih sejuk” kemudian tekan tombol periksa. Setelah menekan tombol periksa barulah tekan tombol sejuk yang terletak di bawah untuk membersihkan aplikasi penyebab suhu perangkat cepat panas.

Membersihkan RAM

Cara menggunakan Clean Master pada Android berikutnya adalah untuk membersihkan RAM. Ketika RAM mulai penuh, maka akan mempengaruh performa perangkat menurun akibatnya perangkat menjadi lemot. Untuk membersihkannya Anda dapat menggunakan fitur di Clean Master dengan memilih “Percepat Perangkat/ Phone Boost”.

Setelah itu tunggu beberapa saat sampai proses scanning selesai. Kemudian, centang semua aplikasi yang muncul pada layar. Setelah semua tercentang barulah tekan tombol “Optimalkan”. Dengan begitu beban aplikasi berat akan dibebaskan dan perangkat Anda menjadi jauh lebih ringan.

Menghapus/Uninstal Aplikasi

Untuk fitur berikutnya yang dapat Anda gunakan adalah uninstall aplikasi atau menghapus aplikasi. Aplikasi yang jarang digunakan sebaiknya dihapus untuk mengurangi beban memori. Untuk menghapus aplikasi dapat melalui pengaturan dan bisa juga melalui Clean Master. Untuk penggunaannya sebagai berikut :

Masuk ke dalam fitur “Pengelola App” yang tersedia pada halaman utama. Setelah masuk ke dalam fitur tersebut, Anda dapat memilih aplikasi apa saja yang ingin Anda hapus. Pastikan Anda memilih aplikasi yang benar-benar untuk dihapus. Setelah memastikannya tekan tombol “Copot/Uninstal” yang terletak di bawah.

Selain itu Anda juga bisa menekan tombol “Cadangan” yang terletak di sebelah kiri tombol “Copot”. Adapun fungsi tombol “Cadangan” adalah untuk memindahkan aplikasi ke microSD jika Anda menggunakan memori eksternal tambahan.

Nah demikianlah tadi pembahasan mengenai cara menggunakan Clean Master pada Android yang bisa Anda coba. Baca Juga 5 Drone Murah Terbaik di Indonesia

Loading...