Cara Mengatasi Kecanduan Game Online

By Categories : Internet

Di era yang semakin canggih perkembangan game semakin meningkat, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Banyak orang terutama remaja maupun orang dewasa menghabiskan waktunya hanya untuk bermain game. Salah satu permainan yang banyak diminati orang adalah game onlne. Meskipun terdapat dampak positif dari game, namun jika tidak terkendali maka dapat menyebabkan dampak negatif.

Tempag game online banyak dijumpai seperti di warnet, bahkan di rumah dengan menggunakan kuota atau akses internet dari layanan penyedia internet. Yang dikhawatirkan dari dampak game online yang tak terkendali adalah pada fisik, dan juga pada psikis sang anak. Oleh karena itu pengawasan yang tepat merupakan cara dari orang tua untuk memperhatikan sang anak dalam bermainnya.

Lalu bagaimana dengan seseorang yang sudah kecanduan akan game? Bagi pecandu game tentu dapat diatasi dengan berbagai cara, berikut ini beberapa panduan untuk mengatasi kecanduan game online.

cara mengatasi kecanduan game online

Cara Mengatasi Kecanduan Game Online

Merancangkan Kembali Target dalam Hidup

Setiap orang memiliki target tersendiri di dalam kehidupannya. Target tersebut berbeda satu sama lain untuk dicapai. Dengan merancang kembali target dalam hidup merupakan cara yang dilakukan dalam mengatasi kecanduan bermain game online. Ingat kembali impian sukses di dalam kehidupan Anda untuk berpikir lagi ketika menghabiskan waktu karena game. Apalagi kebanyakan orang sering lupa akan waktu ketika sudah bermain game yang mereka sukai.

Menanamkan Niat untuk Mengatasi Kecanduan Game

Adanya niat merupakan cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi kecanduan game. Dalam kenyataannya niat untuk menghilangkan kecanduan dari bermain game memang susah. Tetapi hal tersebut kembali pada diri Anda, bagaimana untuk memiliki niat yang besar untuk menghilangkan kecanduan tersebut. Alangkah baiknya membuat komitmen dengan niat dalam menghilangkan kecanduan dalam bermain game.

Mengisi Waktu Luang dengan Hal Bermanfaat

Yang mulanya mengisi waktu luang dengan bermain game, sebaiknya ganti waktu luang Anda dengan mengisi kegiatan lain. Hal ini sangat bermanfaat pula untuk melupakan kembali rasa candu akibat dari game. Kegiatan yang dapat mengisi waktu luang diantaranya seperti membaca buku, novel, koran, atau bahkan berolahraga. Lakukan hal ini secara terus-menerus untuk menghilangkannya kecanduan dari bermain game.

Mencari Kesibukan untuk Melupakan

Mencari kesibukan menjadi cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kecanduan dari bermain game online. Tetapi jangan sampai salah dalam memilih kesibukan, carilah hal-hal positif untuk mengisi kesibukan dengan belajar, membaca, atau juga berolahraga. Tips yang satu ini hampir sama dengan tips di atas.

Kurangi Pergaulan dengan para Pemain Game

Pergaulan dapat mempengaruhi seseorang dalam melakukan sesuatu. Hal ini berlaku juga pada kecanduan bermain game. Misal saja Anda berada di lingkungan para pemain game, tentu Anda lama-kelamaan akan terpengaruh juga dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda mengurangi pergaulan dengan teman yang menyukai game atau bisa menolak ajakan teman yang sekiranya berlebih dalam mengajak bermain game.

Itulah tadi pembahasan mengenai Cara Mengatasi Kecanduan Game Online yang dapat Anda lakukan. Untuk benar-benar menghilangkan kecanduan dalam bermain game, sebaiknya melakukan dengan niat yang serius. Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Game Catur Paling Bagus di Android

Loading...