Cara Menambah RAM Laptop dengan OS Windows

By Categories : Hardware

Selain prosessor, RAM merupakan salah satu komponen komputer yang dapat mempengaruhi performa dalam sebuah komputer. Random Access Memoru atau RAM memiliki fungsi sebagai media penyimpanan data sementara saat komputer digunakan. Hal ini berarti RAM memiliki kapasitas yang kecil sehingga apabila semakin banyak aplikasi yang Anda buka maka kinerja komputer akan menjadi lambat.

Cara Menambah RAM Laptop

Tidak semua komputer menggunakan RAM dengan kapasitas yang besar. Komputer-komputer yang berkapasitas RAM kecil memiliki performa yang terbatas. Misalnya saja untuk membuka aplikasi atau game dengan resolusi besar tidak bisa. Untuk itu banyak orang yang menambah kapasitas RAM agar berforma komputer atau laptop semakin meningkat.

Cara menambah kapasitas RAM sebenarnya cukup mudah karena Anda cukup membuka casing pada bagian belakang kemudian menambah atau menggantinya saja. Namun apakah menambah RAM pada Laptop itu dapat dilakukan?

Tentu saja dapat dilakukan dengan cara membongkar bagian tempat penyimpanan RAM. Biasanya laptop memiliki slot RAM yang masih kosong dan Anda dapat membeli RAM dan dipasang dibagian tersebut.

Berikut cara menambah RAM laptop

  1. Slot RAM tidak disolder permanen

Hal ini merupakan syarat paling mutlak untuk dipenuhi. Ada beberapa produsen laptop yang memasang RAM dengan cara disolder permanen. Hal ini tentu membuat kita tidak dapat mengganti atau menambah RAM.

  1. Ada slot kosong

Jika laptop yang Anda gunakan memiliki slot kosong maka Anda dapat mengisinya dengan slot RAM tambahan.

  1. Cek kompatibilitas laptop

Cara menambah RAM laptop yang perlu Anda perhatikan sebelumnya adalah mengecek kompatibilitas laptop. Anda harus mengetahui informasi berapa kapasitas RAM maksilam yang dapat Anda pasang di dalamnya. Hal ini penting agar Anda tidak salah memasang kapasitas RAM.

  1. Tentukan ukurannya

Langka selanjutnya adalah dengan menentukan ukuran RAM. Jika laptop Anda memiliki satu slot yang berisi RAM berukuran 4 Gb, maka Anda disarankan mengisi slot yang satunya lagi dengan kapasitas RAM yang sama. Sebenarnya Anda dapat mengisi dengan kapasitas RAM di bawahnya, tetapi hal ini tentu tidak akan maksimal.

  1. Tentukan jenisnya

Ada banyak jenis RAM yang biasanya digunakan seperti DDR2, DDR3, dan DDR4. Cara menambah RAM laptop adalah Anda harus tau jenis RAM pada laptop Anda. Hal ini berguna agar Anda tidak salah membeli RAM yang akan dipasang karena setiap jenis RAM memiliki pin yang berbeda yang disesuaikan dengan slot yang ada.

  1. Tentukan transfer rate-nya

Selain jenis, RAM juga memiliki transfer rate yang berbeda-beda. Biasanya dituliskan dengan kode PC 12800, PC 10600, PC 5600, dan seterusnya. Semakin besar angka maka semakin cepat pula RAM tersebut bekerja. Jika laptop Anda memiliki dua slot RAM maka saat membeli RAM tambahan Anda harus memilih yang memiliki kecepatan transfer yang sama.

baca juga Ciri-Ciri RAM Bermasalah Pada Komputer

Loading...