Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama

By Categories : Tekno

Mendengarkan musik menjadi sarana hiburan gratis bagi banyak orang. Apalagi saat ini mendengarkan musik didapatkan dengan mudah, misal melalui smartphone. Sebagian orang biasanya mendengarkan musik untuk menghabiskan waktu luang. Seringkali orang menggunakan earphone di tengah keramaian seperti di stasiun, atau juga di terminal. Tanpa sadar mereka menggunakan volume suara yang lebih keras, daripada saat penggunaan di rumah.

Berdasarkan penelitian yang ada efek buruk tersebut datang jika penggunaan earphone atau headset melebihi batas suara yang ditentukan. Saat ini memang sudah terdapat peringatan batas suara pada smarphone ketika mendengarkan musik dengan earphone. Namun sebagian orang tidak memperhatikannya dengan melebihi batas suara yang sudah ditentukan.

Untuk orang dewasa suara ringan yang dapat didengarkan sekitar 25 sampai dengan 40 DB, sedangkan untuk anak sekitar 20 sampai 40 DB. Nah bagi Anda yang sering menggunakan earphone dengan waktu yang cukup lama, alangkah baiknya untuk mengurangi waktu penggunaannya. Lalu apa saja bahaya menggunakan headset terlalu lama atau terlalu sering, simak ulasannya dibawah ini!

Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama

Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama

Gangguan pada Pendengaran

Headset atau earphone yang digunakan dengan suara yang kencang melebihi batas normal dapat mengganggu sistem pendengaran. Hal ini menimbulkan efek apalagi ketika digunakannya dalam waktu yang cukup lama. Adapun efek tersebut diantaranya seperti adanya suara berdenging di dalam telinga. Efek tersebut memang dapat menghilang dengan sendirinya, tetapi akan terjadi kerusakan atau efek lebih buruk jika sering dilakukan. Baca Juga Cara Mengatasi Kecanduan Game Online

Dapat Mengakibatkan Kerusakan Permanen pada Pendengaran

Seperti halnya diatas menggunakan headset dalam waktu terlalu lama dengan suara yang keras dapat menimbulkan gangguan pada organ pendengaran. Meskipun mulanya hanya menimbulkan suara berdenging di dalam telinga, namun dapat memicu efek lainnya. Efek lainnya tersebut seperti kehilangan fungsi pendengaran pelan meskipun di usia muda. Oleh karena itu Anda perlu mengurangi volume headset Anda, dan jangn terlalu sering dalam pemakaiannya. Waktu yang baik dalam penggunaan headset tidak lebih 5 jam dalam seminggu.

Dapat Mengganggu Kinerja Otak

Selain dapat menggangu sistem pendengaran, memakai headset juga dapat mengganggu kinerja otak. Hal ini disebabkan gelombang elektromagnetik yang berasal dari headset atau earphone dapat berpengaruh terhadap otak. Penelitian ini diungkapkan oleh Committie on Emerging anda Newly Identified Helat Risk. Gelombang elektromagnetik yang menjadi
salah satu penyebabnya. Meskipun begitu belum terbukti kuat, hal ini dapat menjadi peringatan sejak dini bagi Anda.

Lalu pertanyaannya bagaimana cara penggunaan earphone yang tepat? Cara penggunaanya yang tepat sebaiknya tidak lebih dari 5 jam dalam seminggu, dan juga mendengarkan antara kisaran 25 sampai dengan 40 desibel untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak kisaran 20 sampai 40 desibel. Penggunaan earphone memang tidak bisa dihindarkan oleh kebanyakan orang, mengingat musik merupakan hiburan yang mudah didapatkan.

Nah itulah informasi mengenai bahaya menggunakan headset terlalu lama. Baca juga artikel terkait Dampak Positif Video Game

Loading...