Aplikasi Buatan Anak Indonesia yang Mendunia

By Categories : Software

Dunia teknologi saat ini berkembang begitu pesat tiap harinya. Ini terbukti semakin banyaknya perangkat lunak mobile yang terus bermunculan dengan fungsi dan kelebihan masing-masing. Di negara maju, teknologi informasi lebih beragam. Hampir semua aktivitas dapat dipantau dengan menggunakan perangkat lunak. Bagaimana dengan teknologi informasi di Indonesia?

Aplikasi Buatan Anak Indonesia

Saat ini orang Indonesia telah membuktikan mampu bersaing di dunia teknologi informasi, khususnya perangkat lunak berbasis mobile.

Berikut aplikasi buatan anak Indoensia yang membanggakan

  1. Icon Pop Quiz

Perusahaan Alegrium membuktikan bahwa Indonesia mampu bersaing dengan luar negeri di bidang teknologi Informasi. Beberapa waktu lalu, perusahaan ini membuat game multiplatform yang beroperasi di smartphone. Salah satu produk yang telah dibuat adalah Icon Pop. Game ini mudah untuk dimainkan, yaitu dengan menebak icon muncul yang  bisa berasal dari nama orang, brand, film, dan karakter imajinatif. Setiap jawaban benar kita langsung mendapatkan poin. Kemudian poin tersebut akan diakumulasi hingga pertanyaan terakhir berhasil dijawab. Icon Popo beberapaka kali menduduki peringkat pertama di beberapa negara seperti Inggris, Kanada, Australia, Filipina, dan Indonesia. Ini membuktikan jika aplikasi buatan anak Indonesia mampu bersaing di kancah internasional.

  1. Picmix

Saat ini, berfoto atau selfie merupakan salah satu kegiatan yang hampir dilakukan seseorang.  Ini didukung dengan semakin canggihnya teknologi kamera pada smartphone sehingga membuat orang ketagihan untuk berfoto. Biasanya untuk lebih menghasilkan foto yang menarik, seseorang menambah efek filter dan editan lainnya. Ini membuat anak Indonesia membuat aplikasi edit foto bernama Picmix. Aplikasi edit foto ini mudah digunakan dan memiliki beberapa fitur unggulan. Dengan Picmix Anda dapat membagikan foto Anda secara langsung ke jejaring sosial.

  1. Catfiz

Saat ini banyak sekali aplikasi instant messenger yang dapat terpasang di smartphone kita. Biasanya apliasi tersebut buatan Amerika, China, Kanada, dan Korea Selatan. Namun, Indonesia juga tidak mau kalah. Aplikasi buatan anak Indonesia yang telah mendunia selanjutnya adalah Catfiz. Saat ini sudah 6,5 juta pengguna aktif yang menggunakan aplikasi ini.

  1. Scoop

Aplikasi ini merupakan aplikasi e-reading uang membuat pengguna dapat mendownload dan membaca buku, majalah, dan koran secara gratis. Aplikasi ini dapat bekerja di smartphone dan tablet. Selain itu, aplikasi buatan anak Indonesia ini dapat difungsikan di sistem operasi Android, iPhone, dan Windows Phone.

  1. Save the Hamster

Tiga mahasiswa dari Universitas Trunojoyo membuat game dengan nama Save the Hamster. Game ini mampu memenangkan juara kedua sebagai kategori game pada Image Cup 2013 lalu yang diselenggarakan di Rusia. Aplikasi buatan anak Indonesia ini sangat cocok untuk anak-anak yang sedang belajar menghitung. Selain game untuk belajar matematika, aplikasi ini juga mengajarkan penggunanya untuk mencari strategi.

Loading...