6 Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Awet

By Categories : Hardware

Keyboard merupakan salah satu komponen penting pada laptop, smartphone, tablet, dan juga PC. Keyboard menjadi perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan perintah pada perangkat tersebut. Hampir semua keyboard pada perangkat elektronik menggunakan susunan berjenis QWERTY.

Dengan sering digunakannya perangkat keyboard, maka salah satu perangkat keras tersebut membutuhkan perawatan agar lebih awet. Merawat keyboard tergantung juga dengan cara penggunaan setiap harinya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana saja cara merawat keyboard laptop agar awet, simak ulasannya di bawah ini!

Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Awet

Berikut Cara Merawat Keyboard Agar Awet

Gunakan Cover pada Keyboard

Cara merawat keyboard yang pertama adalah dengan menggunakan cover pada keyboard. Dengan memasang cover khusus pada keyboard, menghindarkan keyboard dari debu atau air. Seperti yang kita ketahui debu yang masuk ke dalam sela-sela keyboard dapat membuat salah satu tombol pada keyboard menjadi terganggu. Selain itu debu juga dapat menyebabkan laptop menjadi cepat panas, sehingga kinerja cenderung lemot.

Hindari Menekan Keyboard Terlalu Kencang

Cara yang kedua adalah dengan menghindari menekan keyboard terlalu kencang. Terlalu sering menekan keyboard terlalu kencang, dapat merusak tombol pada keyboard laptop Anda. Hal ini biasanya dilakukan ketika bermain game yang tidak sadar terbawa akan suasana, sehingga akan menekan tombol menjadi keras dan kencang. Oleh sebab itu sebaiknya hindari hal sepele tersebut, agar keyboard lebih awet mengingat harga keyboard pada laptop cenderung mahal.

Membeli Keyboard Eksternal untuk Gaming

Cara merawat keyboard agar awet berikutnya adalah dengan membeli keyboard untuk gaming bagi Anda yang suka bermain game. Untuk menghindari menekan tombol keyboard terlalu keras, Anda dapat memilih alternatif lainnya dengan membeli keyboard eksternal bertipe USB. Dengan menggunakan keyboard khusus gaming, membuat bermain game lebih asik.

Hindarkan Cairan dari Laptop

Untuk poin yang satu ini cukup dengan menghindarkan cairan dari laptop. Cairan yang dimaksudkan seperti air putih, teh, kopi, atau berbagai macam minuman lainnya. Hindarkan berbagai jenis minuman tersebut ketika sedang menggunakan laptop. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko minuman tersebut tumpah di atas laptop.

Bersihkan Keyboard secara Berkala

Cara merawat berikutnya adalah dengan membersihkan keyboard secara berkala. Untuk membersihkan keyboard perlu dilakukan untuk menghindari penumpukan debu di dalam laptop. Seperti pada penjelasan poin pertama tadi, bahwa debu yang terlalu banyak dapat menyebabkan laptop menjadi cepat panas dan berakibat lemot. Untuk proses membersihkan, Anda dapat menggunakan vaccum portable khusus laptop untuk menyedot debu.

Tidak Menempatkan Benda Berat di Atas Keyboard

Cara yang terakhir adalah tidak menempatkan benda berat di atas keyboard. Sama halnya dengan menghindari menekan keras pada tombol keyboard, menaruh benda berat di atas keyboard juga menyebabkan resiko kerusakan pada keyboard. Yang membedakan dengan poin nomor dua adalah menempatkan benda berat biasanya lebih dari 5 detik.

Nah cukup mudah bukan mengenai bagaimana cara merawat keyboard laptop agar awet. Meskipun terlihat sepele sebaiknya membiasakan menggunakan cara tersebut ketika sedang menggunakan laptop.

Loading...