5 Masalah pada Smartphone yang Sering Terjadi

By Categories : Gadget

Dengan banyaknya vendor smrtphone di pasaran membuat kebanyakan orang mudah untuk memilikinya. Harga yang ditawarkan cukup beragam mulai dari yang terjangkau untuk kelas low entry sampai dengan kelas high end. Meskipun begitu bukan tidak mungkin permasalahan menghampiri pada sebuah smartphone. Masalah-masalah tersebut beragam mulai dari perangkat lemot sampai dengan perangkat rusak.

Masalah tersebut terjadi pada semua jenis smartphone termasuk untuk kelas high end yang sudah menggunakan teknologi canggih. Nah dengan begitu banyaknya permasalahan yang ada, berikut ini terdapat 5 masalah pada smartphone yang sering terjadi.

masalah pada smartphone

Berikut 5 Masalah pada Smartphone yang Kerap Terjadi

Smartphone Sering Lemot

Permasalahan yang satu ini tentu sering terjadi pada sebuah smartphone. Meskipun menggunakan komponen canggih di dalamnya, sebuah ponsel bisa lemot. Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan sebuah ponsel menjadi lemot misal saja banyaknya aplikasi yang diinstal, penyimpanan data terlalu banyak, banyaknya aplikasi yang terbuka, sampai dengan file sampah yang tidak pernah dibersihkan. Untuk mengatasi hal tersebut seorang pengguna harus mengetahui bagaimana cara mempercepat kinerja smartphone.

Baterai Cepat Habis

Masalah pada smartphone yang sering terjadi berikutnya adalah baterai cepat lemah. Komponen baterai sangat penting bagi perangkat tersebut. Jika komponen yang satu ini rusak, maka bisa dipastikan sebuah ponsel tidak bisa digunakan. Yang menjadi permasalahannya adalah konsumsi daya baterai yang cepat habis. Sebenarnya terdapat banyak alternatif seperti membawa power bank, menggunakan aplikasi penghemat daya untuk perangkat Android maupun platform lainnya, serta menjaga dan merawat baterai dengan mengetahui cara penggunaan yang benar.

Sering Mengalami Hang

Sering mengalami hang menjadi masalah berikutnya yang sering terjadi pada sebuah ponsel pintar. Nge-hang atau berhenti saat digunakan menjadi hal yang sangat menjengkelkan, terlebih lagi ketika dalam keadaan penting. Penyebab dari ponsel yang sering hang adalah komponen hardware sudah lemah, terlalu banyak beban pada ponsel, penggunaan RAM banyak dengan adanya aplikasi, sampai dengan adanya crash antara aplikasi satu dan lainnya. Untuk mengatasi hang sebaiknya jangan terlalu lama dalam penggunaan, menutup aplikasi yang tidak digunakan, dan juga menggunakan aplikasi pembersih sampah.

Layar yang Tergores

Layar tergores menjadi masalah pada smartphoneyang sering terjadi. Ini disebabkan karena penggunaan yang salah dan kasar, sehingga membuat layar dapat tergores. Meskipun begitu untuk masalah yang satu ini bisa diatasi dengan cara memasang anti gores sendiri bagi smartphone yang belum memiliki pelindung dari pabrikan. Jenis tempered glass merupakan jenis pelindung yang baik untuk melindungi dari goresan, karena terbuat dari material kaca.

Body yang Tergores

Tidak hanya layar saja yang bisa tergores, tetapi body sebuah smartphone juga bisa tergores. Meskipun terdapat ponsel high end yang menggunakan material kuat, tetapi pengguna tetap perlu berhati-hati karena goresan pada body dapat mengurangi penampilan. Untuk itu pengguna bisa membeli flip cover untuk melindungi body dari goresan.

Itulah tadi pembahasan mengenai 5 masalah pada smartphone yang sering terjadi. Baca juga Smartphone tahan air.

Loading...