Tips Teknik Foto Panning Dalam Fotografi

By Categories : Tekno

Setelah pada pembahasan sebelumnya membahas mengenai beberapa tips teknik bokeh dalam fotografi, pada kesempatan kali ini beralih mengenai teknik foto panning fotografi. Teknik panning merupakan memotret objek dengan cara menggerakan kamera sesuai dengan mengikuti objek yang sedang diambil, sehingga background atau latar belakang akan tampak kabur.

Tips Teknik Foto Panning

Dengan begitu objek seakan-akan terlihat sedang berjalan dengan adanya background tampak blur. Namun dalam mengambil teknik panning tidaklah mudah, diperlukan berbagai tips dan trik agar teknik panning dapat dihasilkan dengan kualitas bagus. Selain itu diperlukan berbagai percobaan dan tentunya terus memotret dengan melakukan evaluasi ketika terjadi kesalahan. Di bawah ini beberapa tips teknik foto panning dalam fotografi yang perlu diketahui.

Berikut Tips Teknik Foto Panning Dalam Fotografi

Menggunakan Autofokus atau Manual Fokus

Teknik foto panning fotografi yang pertama adalah menggunakan autofokus atau menggunakan manual fokus. Kedua cara tersebut dapat Anda gunakan berdasarkan dengan kesabaran dan latihan saat Anda mengambil objek dengan menggunakan teknik ini. Pada mode autofokus dapat Anda gunakan untuk mencari titik fokus pada objek, kemudian setelah itu switch ke dalam manual fokus. Perlu diingat pada teknik panning sebaiknya Anda berikan frame yang lebih luas agar dapat lebih leluasa pada teknik ini.

Menggerakkan Kamera Beserta Lensa

Seperti pada poin di atas, ketika melakukan teknik panning sebaiknya Anda memberikan ruang yang lebih luas agar objek dapat terlihat lebih jelas dengan background blur. Namun selain poin tersebut pada teknik panning juga mengharuskan Anda untuk menggerakan kamera beserta lensa sesuai dengan objek yang akan diambil. Anda cukup menggerakkan kamera ke arah kanan dan ke kiri atau sebaliknya, tanpa gerakan ke bawah maupun ke atas. Dalam hal ini latihan rutin merupakan cara terbaik untuk menghasilkan foto panning berkualitas. Bagi Anda yang kesusahan, Anda dapat menggunakan bantuan monopod untuk mengurangi gerakan yang kurang diperlukan.

Perhatikan Shutter Speed pada Kamera

Tips teknik foto panning fotografi yang berikutnya adalah dengan memperhatikan shutter speed pada kamera. Secara umum shutter speed yang digunakan untuk mengambil foto panning orang berjalan jelas berbeda sekali dengan panning foto orang naik sepeda motor. Sebagai contoh ketika background nampak kurang blur, Anda dapat menurunkan shutter speednya, sedangkan saat subjek kurang tajam maka Anda dapat menaikkan angka shutter kamera. Shutter speed pada orang sedang jogging dapat digunakan 1/20 detik atau bisa dinaikkan maupun diturunkan, untuk orang naik sepeda dapat diambil dengan kisaran angka shutter pada kamera 1/30 detik sampai dengan 1/50 detik, untuk mobil dapat diambil dengan angka 1/50 detik, sedangkan untuk motor atau mobil yang berjalan cepat dapat diambil dengan kisaran 1/100 detik atau bahkan lebih.

Demikianlah tadi ulasan mengenai seputar tips teknik foto panning fotografi yang dapat diketahui. Hal yang terpenting adalah dengan melakukan latihan terus agar gerakan ketika menggerakkan kamera pada objek yang dituju lebih lembut.

Baca juga artikel terkait mengenai Teknik dasar fotografi bagi pemula.

Loading...