Tips Teknik Foto Bokeh Pada Fotografi

By Categories : Tekno

Dalam dunia fotografi terdapat berbagai macam teknik yang dapat menghasilkan foto dengan kreasi yang berbeda. Setiap teknik dibutuhkan dasar teknik seperti kemampuan mengkombinasikan antara ISO, Aperture, dan juga Shutter Speed. Ketiga segitiga dasar tersebut harus dikombinasikan sehingga dapat menghasilkan gambar yang diinginkan.

Tips Teknik Foto Bokeh Pada Fotografi

Sama halnya dengan beberapa teknik dasar fotografi yang memerlukan ketiga dasar segitiga tersebut, salah satu teknik yang biasa digunakan dalam dunia fotografi adalah teknik bokeh. Teknik bokeh merupakan teknik dalam dunia fotografi yang dapat dilihat dengan latar belakang atau background blur, sehingga objek akan telihat jelas dengan efek blur yang lembut dan enak untuk dilihat. Untuk menciptakan blur pada latar belakang atau background tidaklah mudah, di bawah ini terdapat beberapa tips teknik foto bokeh fotografi.

Berikut Tips Teknik Foto Bokeh yang Bisa Anda Coba

Menggunakan Aperture Besar

Tips teknik fotografi bokeh yang pertama adalah dengan menggunakan aperture besar. Cara ini dapat menjadi salah satu cara untuk menghasilkan latar belakang menjadi blur. Teknik bokeh berasal dari lensa bukan kamera. Untuk itu sangat diperlukan untuk mengatur atau setiing bukaan lensa paling besar. Selain menggunakan cara manual pada kamera, Anda juga bisa menggunakan mode Aperture Priority dengan mengubah aperture pada angka paling kecil. Pada umumnya jika angka paling kecil maka bukaan makin besar.

Mengurangi Jarak Objek dengan Kamera

Tips yang kedua adalah dengan mengurangi jarak objek dengan kamera. Oleh karena itu ketika ingin mendapatkan hasil blur pada background foto sebaiknya mengurangi jarak objek foto dengan kamera. Cara ini dapat menghasilkan efek blur foto nampak indah. Selain itu dengan mengurangi jarak objek dengan kamera, fokus pada lensa juga akan semakin dekat.

Menggunakan Focal Length Paling Panjang

Jika lensa yang Anda gunakan menggunakan lensa zoom, Anda dapat menggunakan focal length paling panjang untuk menghasilkan background blur sehingga akan memisahkan objek utama dengan backgroundnya. Cara ini akan menghasilkan foto blur indah, sehingga objek akan terlihat jelas dan tajam. Untuk Anda yang menggunakan lensa standar seperti lensa kit sebaiknya tetap memperhatikan jarak serta jangan lupa gunakan focal length panjang.

Memillih Lensa dengan Kualitas Optik Handal

Tips teknik foto bokeh keempat adalah dengan memilih lensa berdasarkan kualitas optik handal. Setiap lensa memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri dalam urusan kemampuan. Untuk Anda yang memiliki dana lebih dan ingin mempelajarai dunia fotografi lebih maka Anda dapat memilih lensa dengan aperture besar misal saja lensa 70-200mm f/2.8 bila kemahalan Anda juga dapat memilih lensa 18-200mm dengan f/5.6.

Gunakan Lensa Fix

Yang terakhir adalah dengan menggunakan lensa fix. Seperti penjelasan di atas bahwa untuk menghasilkan teknik bokeh atau blur dapat dilihat berdasarkan lensa. Selain lensa dengan optik handal di atas, Anda juga bisa memilih dan menggunakan lensa fix dengan bukaan besar seperti lensa 50 mm f/1.4, 85mm f/1.4, dan banyak lagi.

Nah demikianlah tadi pembahasan mengenai tips teknik foto bokeh pada fotografi yang perlu Anda ketahui.

Loading...