Tips Pengaturan Kamera Canon DSLR untuk Pemula

By Categories : Tekno

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan kamera DSLR biasanya akan bingung untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Ini karena banyaknya tombol pengaturan yang mungkin masih asing bagi Anda. Ada berbagai macam merk kamera DSLR yang bisa Anda pilih. Setiap merk mempunyai pengaturan yang berbeda, salah satunya adalah Canon. Saat ini kamera Canon merupakan salah satu merk kamera DSLR yang populer dan menjadi pilihan bagi pecinta fotografi. Untuk pemula, berikut tips pengaturan kamera Canon DSLR agar mendapatkan hasil foto yang maksimal.

canon

Pengaturan kamera Canon DSLR yang bisa Anda coba

  1. Selalu gunakan format RAW

Sebelum digunakan, pastikan atur format Kamera menjadi RAW. Format RAW memiliki kualitas gambar yang baik karena gambar yang diambil tidak akan dikompresi. Selain itu, format RAW menawarkan fleksibilitas pada saat pengeditan dengan software. Dengan ukuran file lebih besar maka kualitas gambar juga akan lebih baik dalam mengoptimalkan foto dengan mengatur kontras, saturasi, ketajaman, bahkan saat diconvert menjadi TIFF atau JPEG.

  1. Saat menggunakan JPEG

Jika Anda memilih format JPEG di kamera Canon DSLR maka yang harus dilakukan adalah pilihlah kualitas “LARGE” di menu quality.  Format ini juga menjadi pilihan saat mengambil foto dengan mode continous karena Anda akan bisa mengambil gambar lebih banyak.

  1. Perbaharui firmware

Agar performa dan kualitas output foto terjaga, maka Canon memberikan update firmware secara berkala. Anda disarankan memeriksa firmware yang tersedia. Lihat versi yang digunakan kamera Canon DSLR Anda. Kemudian Anda dapat memerikasa di situs resmi Canon dan download versi terbaru. Firmware dapat diinstal ke kamarea menggunakan kartu memori.

  1. Manfaatkan live view

Kamera Canon DSLR memiliki fitur live view yaitu tempat dimana Anda dapat melihat apa yang dilihat kamera. Fitur libe view tersedia pada kamera EOS terkini seperti Canon EOS 1100D. Anda dapat menghidupkannya di bagian live view Function setting. Fitur ini berguna saat pengambilan foto menggunakan tripod.

  1. Atur diopter

Bagi Anda yang menggunakan kacamata, umumnya untuk membidik objek foto tidak fokus. Untuk itu aturlah fitur diopter sesuai mata Anda agar bidikan lebih fokus. Fitur ini berada di bagian kanan atas berupa tombol puter. Caranya putar sambil membidik kemudian berhenti saat Anda mendapatkan fokus yang baik.

  1. Gunakan LCD di tempat gelap

Saat Anda mengambil gambar di tempat gelap tentu akan kesulitan saat melihat settingan bodi kamera. Untuk itu, Anda harus menggunakan LCD agar settingan dapat digunakan. Pengaturan tersebut akan muncul di LCD saaat tombol Disp info ditekan. Tombol ini tergantung dari jenis kamera Canon DSLR yang digunakan.

Untuk mendalami hobi fotografi, Anda disarankan memilih kamera DSLR sesuai dengan kemampuan Anda terlebih dahulu. Pilihlah jenis kamera DSLR untuk pemula yang dapat digunakan untuk membidik foto.

Pilihan kamera DSLR Canon untuk Pemula

Dengan kamera jenis pemula, Anda juga dapat menghasilkan gambar yang cukup bagus. Berikut beberapa jenis kamera DSLR Canon yang cocok untuk pemula.

Canon 1200D

Canon 1200D atau Canon EOS Rebel T5 merupakan kamera DSLR entry-level yang solid dan memiliki harga yang cukup terjangkau. Kamera ini lebih baik dari seri terdahulunya yakni Canon 1100D / T3. Canon 1200D menggunakan LCD 3-inch, 460.000 dot dan memiliki resolusi video HD 1920 x 1080 serta dibekali sensor 18 Megapiksel untuk pengambilan foto.

Para fotografer pemula akan mudah memahami dunia fotografi jika menggunakan kamera ini. Seperti memahami dasar-dasar menu, creative auto, kontrol, filter, dan beberapa kontrol manual lainnya.

Canon 550D

Jenis kamera DSLR Canon ini sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar fotografi. Canon 550D memiliki fitur yang modern dengan tombil quick control dan live view. Fitur tersebut akan memudahkan Anda untuk mengelola hasil jepretan. Untuk harga dari kamera ini cukup murah yakni sekitra Rp 5 juta.

Canon 600D

Canon EOS 600D atau Canon Rebel T3i merupakan salah satu kamera DSLR terbaik untuk pemula. Canon EOS 600D dbakelai dengan layar LCD multi-angle dan beberapa tambahan fitur yang dirancang khusus untuk para fotografer pemula agar mampu mendapatkan hasil gambar terbaik. Di antaranya adalah Basic+, fitur tersebut menawarkan kontrol untuk pengguna secara otomatis dan memberikan panduan singkat pada layar tentang fungsi kamera serta mode otomatis penuh yang disebut dengan Scene Intelligent Auto.

Canon EOS 700D

Walaupaun masih pemula, tidak ada salahnya Anda memilih kamera DSLR jenis ini. Canon EOS 700D merupakan jenis kamera yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur profesional. Fitur tersebut antara lain Touch Screen, Processor Digic 5, live view shooting, rentang ISO lebar 12- – 25600, dan memiliki sensor 18 Megapiksel. Walaupaun dilengkapi fitur profesional namun untuk pengaturan kamera Canon DSLR ini cukup mudah dilakukan dan cocok untuk pemula.

Loading...