Tips Merawat Kamera DSLR

By Categories : Hardware

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, sebuah kamera pastinya sudah menjadi salah satu teman terbaik Anda dalam mengambil sebuah gambar. Kamera digital seperti barang elektronik lainnya yang juga membutuhkan perawatan agar tetap bekerja secara maksimal. Mereka biasanya memiliki komponen sensitif yang rawan akan kerusakan jika pengguna ceroboh. Lalu bagaimana melakukan perawatan yang benar terhadap kamera DSLR? Agar Anda mengetahuinya, dibawah ini ulasan mengenai tips merawat kamera DSLR.

cara merawat kamera

Tips Merawat Kamera DSLR

Penyimpanan Kamera

Tips merawat kamera DSLR yang pertama adalah dengan memperhatikan penyimpanan kamera. Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis dengan memiliki suhu udara lembap ketika malam hari. Sebagai pengguna kamera tentu harus mengatahui bahwa suhu lembap dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur pada lensa kamera. Nah untuk mengantisipasinya, sebaiknya Anda membeli tempat khusus seperti drybox untuk menjadi tempat penyimpanan kamera Anda karena tempat tersebut kedap akan udara. Anda juga bisa memberinya anti jamur seperti silica gel. Baca juga Kapal Induk Tercanggih

Menggunakan Filter pada Lensa

Penggunaan filter pada lensa tentu sangat penting agar awet. UV Filter dapat melindungi lensa kamera tanpa mempengaruhi hasil jepretan pada suatu objek. Dengan memasang filter tersebut pembersihan terhadap lensa lebih jauh mudah dan praktis. Keuntungan penggunaan filter lainnya adalah melindungi lensa dan kamera terhadap sinar ultraviolet matahari yang tidak baik untuk kamera serta memudahkan pengguna tanpa khawatir lensa tergores, karena sudah terlindungi filter.

Gunakan Lens Hood

Lens Hood berfungsi untuk mencegah cahaya masuk ke dalam sensor kamera secara berlebihan, yang dalam jangka waktu panjang dapat merusak kepekaan sensor pada kamera. Nah oleh sebab itu di sarankan untuk menggunakan Lens Hood pada kamera Anda. Biasanya beda lensa maka beda Lens Hood yang digunakan. Lens Hood sangat cocok digunakan pada siang hari dengan intensitas cahaya yang berlebih. Kelebihan lainnya adalah kamera Anda akan terlihat keren dengan hadirnya Lens Hood.

Berhati-hati Ketika Memotret di Laut

Kandungan garam dilaut dapat mengakibatkan korosif bagi komponen logam seperti kamera beserta lensa yang dapat mengakibatkan pengkaratan. Cara mengatasi setelah memotret di laut adalah dengan cara membersihkan semua komponen kamera dengan menggunakan lap kecil halus yang sudah dibasahi dengan sedikit air. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan kadar garam yang menempel pada kamera. Nah setelah itu baru membersihkan dengan lap kering.

Jauhkan Kamera dari Air

Barang elektronik memang rentan terhadap air, apalagi jika terkena air maka dapat berakibat fatal. Kecuali untuk produk elektronik yang diciptakan untuk kebal terhadap air. Jika kamera Anda tidak tahan terhadap air, maka otomatis Anda harus menghindarkan kamera Anda terhadap air. Sehingga tidak menimbulkkan kerusakan pada kamera Anda.

Nah itulah beberapa tips merawat kamera DSLR yang patut Anda ketahui, sekian dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel Cara Merawat Baterai Laptop

Loading...