Tips Menghindari Flashdisk Cepat Rusak

By Categories : Hardware

Flashdisk merupakan barang kecil yang mempunyai manfaat banyak bagi orang. Hampir setiap orang membutuhkan Falshdisk untuk mengirimkan data lewat komputer atau laptop. Flashdisk dibutuhkan mulai dari professional sampai dengan pelajar. Banyak merk flashdisk dipasaran dengan harga dan kualitas beragam.

Biasanya semakin besar ukuran flashdisk, maka semakin mahal harganya. Selain itu faktor kecepatan juga mempengaruhi harga flashdisk. Kingston, Toshiba, Sanddisk merupakan merk-merk terkenal yang laris dalam pasaran. Seperti barang elektronik lainnya flashdisk juga memerlukan perawatan agar tak cepat rusak. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui betul bagaimana cara menjaga flashdisk agar tetap awet.

Jika flashdisk sudah rusak maka data-data di dalamnya tak bisa di selamatkan, dan tentunya tak bisa digunakan untuk menyimpan file. Bagaimana hal tersebut agar tidak terjadi? Caranya seperti halnya pada pembahasan dibawah ini mengenai tips menghindari flashdisk cepat rusak. Langsung saja berikut adalah ulasannya.

cara merawat flashdisk

Tips Menghindari Flashdisk Cepat Rusak

Rajin dalam Scan Virus

Tips menghindari flashdisk cepat rusak yang pertama adalah rajin dalam scan virus menggunakan antivirus. Flashdisk sering digunakan orang untuk memindahkan data baik melalui laptop, atau komputer. Hal ini yang memungkinkan virus dari komputer atau laptop yang sudah terinfeksi dapat ikut berpindah bersama data yang dipindahkan ke flashdisk tersebut. Sebaiknya lakukan scanning data pada flashdisk agar lebih awet.

Eject Flashdisk Setelah Digunakan

Seringkali banyak orang yang lupa akan melakukan eject atau stop pada flashdisk setelah pemakaian. Biasanya orang langsung mencabutnya dari port USB pada laptop atau komputer. Kebiasaan buruk tersebut, justru dapat membuat flashdisk cepat rusak dalam jangkau waktu tertentu. Proses eject pada flashdisk bertujuan untuk menghindarkan data anda dari corrupt. Maka dari itu lakukan eject atau stop terlebih dahulu sebelum mencabutnya. Baca Juga Daftar Domain Gratis Terbaik

Menyimpan Flashdisk di Tempat yang Benar

Tips menghindari flashdisk cepat rusak berikutnya adalah menyimpan flashdisk di tempat yang benar. Hal ini dalam arti jangan menyimpan flashdisk di dekat dengan peralatan elektronik seperti kulkas, tv, dll. Hal ini disebabkan karena barang-barang tersebut memiliki daya magnet yang besar. Selain itu jangan menyimpan flashdisk di tempat yang panas.

Jangan sampai Terkena Air

Kita tentu sudah mengetahui bahwa barang elektronik rawan atau rentan terkena air kecuali untuk waterproof. Flashdisk salah satunya, jangan biarkan flashdisk anda terkena air. Karena jika terkena air komponen di dalam flashdisk otomatis akan terganggu dan mengakibatkan kerusakan. Namun untuk versi flashdisk yang tahan akan air tak masalah, karena flashdisk tersebut diklaim sebagai waterproof.

Hindari Flashdisk Terkena Benturan Keras

Benturan keras dapat menyebabkan flashdisk rusak sehingga membuat data di dalam flashdisk tidak kebaca saat di colokkan pada port USB laptop atau komputer. Oleh sebab itu menghindari benturan keras pada flashdisk merupakan cara perawatan pada flashdisk anda.

Nah itulah pembahasan mengenai tips menghindari flashdisk cepat rusak yang dapat anda baca . sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Kelebihan dan Kekurangan Linux

Loading...