Tips Menghemat Baterai Android

By Categories : Tekno

Mengkonsumsi baterai pada tablet android yang menggunakan sistem operasi android yang memang terkenal boros, apalagi bila konsumen terus menerus menggunakan koneksi data. Belum lagi yang penggunaan aplikasi yang banyak, yang juga selalu membutuhkan koneksi internet baik saat mengunakan aplikasi chating maupun saat sedang streaming video yang memakan banyak sumber energi baterai.

tips menghemat baterai andorid

Untuk itu sebaiknya anda melakukan penyetingan pada tablet anda agar bisa bertahan lama. Pengaturan apa saja yang harus anda lakukan? Secara sederhana anda harus pandai mengatur manajemen semua fungsi fitur yang digunakan.

Berikut ini adalah tips menghemat baterai android.

GPS
Memafaatkan GPS sangat diperlukan, karena fitur ini menyedot resource yang cukup besar. GPS akan terus berusaha terkoneksi dengan satelit atau jaringan. Agar baterai anda hemat, maka gunakan GPS seperlunya saja. Agar dapat mengetahui GPS tersebut aktif atau tidak maka anda harus melakukan pengaturan yakni di notification toolbar. Agar dapat mengatur secara detail anda harus masuk ke menu setting – location.

Bluetooth
Blutooth ini juga berperan yang hampir sama dengan GPS yakni memakan daya baterai yang banyak. Bila Bluetooth anda tidak digunakan, sebaiknya anda harus mematikan koneksi Bluetooth anda. Agar dapat mematikannya anda harus masuk ke menu setting – wireless & network – Bluetooth.

Wifi
Perlakuan yang sama juga sama dengan yang di atas, yakni anda harus menggunakan wifi seperlunya saja, apabila tidak digunakan sebaiknya harus di matikan atau bisa di aktifkan tetapi dengan sedikit pengaturan yakni masuk di menu setting – wireless & network – wifi setting. Tapi pada tombol menu – advanced – wifi sleep policy – never.

Mobile network
Selain bakal terus menerus terkoneksi dengan internet atau data yang tentunya ini akan menguras pulsa anda dan juga akan menguras baterai anda. Untuk pengaturannya anda harus masuk di menu setting – wireless & networks – enable always on mobile data.

Screen timeout
Tampilan active homescreen juga akan menguras baterai anda. Untuk itu harus dilakukan dengan sedikit pengaturan yakni pilih yang standar misalnya 30 detik di menu setting – display – screen timeout.

Screen brightness
Anda juga harus mengatur tingkat kecerahan agar tidak terlalu bayak menyedot baterai. Anda harus masuk ke menu setting – display – brightness.

Wallpaper
Untuk bisa menghemat baterai, pastikan anda menggunakan wallpaper standart, bukan wallpaper yang sifatnya 3D atau animasi. Untuk melakukan hal ini maka anda harus melakukan pengaturan ini yakni tekan menu di modus homescreen – wallpaper. Di beberapa perangkat tablet pengaturan ini sebenarnya dapat berbeda – beda.

Automatic updates
Menu ini sejatinya cukup membantu yang memantau beragam fasilitas maupun fitur dan notifikasi penting yang lainnya. Tetapi ada baiknya anda harus melakukan pengaturan secara periodik yakni dengan masuk ke menu setting – account & sync.

Loading...