Tips Memotret Malam Hari dengan Jelas dan Mudah

By Categories : Tekno

Memotret merupakan kegiatan mengambil gambar dengan cara mengabadikannya menggunakan kamera. Di zaman yang sudah sangat modern ini, kegiatan memotret sangat mudah dilakukan oleh siapapun hanya dengan menggunakan kamera handphone maupun kamera khusus untuk memotret seperti kamera pocket, kamera dslr/slr, kamera mirrorless, dan masih banyak lagi. Sebagian besar anak muda juga hobi memotret apa bila melihat objek maupun tempat yang unik sehingga dirasa perlu untuk diabadikan dalam bentuk gambar. Namun, khusus untuk memotret di malam hari, beberapa orang masih kesulitan untuk mendapatkan gambar yang jelas karena minimnya cahaya di sekitar tempat untuk mengambil gambar. Ada beberapa teknik khusus yang harus dikuasai sebelum mengambil foto di malam hari dan memerlukan sedikit latihan untuk melakukannya.

Tips Memotret Malam Hari dengan Jelas dan Mudah

Berikut beberapa tips memotret malam hari agar mendapatkan gambar yang jelas:

• Memperhatikan komposisi
• Menggunakan lensa wide angle
• Mengatur ISO
• Menggunakan tripod dan juga shutter release (self timer)
• Menggunakan format RAW
• Menggunakan fokus manual
• Menggunakan slow sync flash

Maksud dari mengatur ISO ialah semakin besar nomor dari ISO, maka sensor kamera akan semakin sensitif. Pemilihan ISO yang tepat nantinya akan menjadikan gambar tampak lebih tajam. Memperhatikan komposisi dengan mengatur kamera melalui arah pencahayaan yang ada agar tetap bisa mendapatkan gambar dengan kualitas baik. Selain itu, gunakan tripod agar kamera dapat fokus pada objek yang akan dipotret.Tips memotret malam hari yang disebutkan di atas sangat diutamakan menggunakan kamera khusus untuk memotret. Apa bila kita ingin memotret menggunakan kamera handphone, sebaiknya nyalakan flash untuk menambah cahaya pada objek yang akan diambil. Selain itu, gunakan autofokus kamera agar nantinya menghasilkan gambar yang konsisten dan jelas terlihat (tidak blur). Untuk kamera handphone dengan ukuran piksel yang rendah biasanya akan menghasilkan gambar yang kurang baik. Sebaiknya gunakanlah kamera di handphone yang memiliki ukuran piksel tinggi agar hasil foto lebih jelas terlihat.

Selain menggunakan beberapa tips memotret malam hari yang sudah dijelaskan di atas, yang terpenting ialah terus berlatih mengambil gambar di malam hari. Tentunya gambar yang sangat baik tidak dihasilkan dalam sekali jepret saja tetapi membutuhkan beberapa jepret agar mendapatkan hasil foto yang menakjubkan di malam hari. Untuk menjadi fotografer yang handal, bisa dimulai dengan melatih diri menggunakan kamera handphone karena foto yang dihasilkan bisa sama bagusnya dengan foto yang diambil menggunakan kamera profesional. Jadi, jangan ragu untuk terus memotret terlebih di malam hari dengan pencahayaan yang sedikit. Untuk fotografer pemula sangat disarankan untuk memulai memotret menggunakan kamera yang sederhana terlebih dahulu untuk mengetahui potensi diri yang dimiliki.

Loading...