Tips Memotret Landscape Fotografi

By Categories : Tekno

Setiap orang tentu pernah yang namanya memotret landscape maupun portrait. Namun keduanya tentu berbeda, jika potrait dapat dilakukan secara vertical, sedangkan landscape dilakukan secara horizontal. Fotografi landscape memang lebih cocok untuk pemandangan alam seperti pantai sampai dengan pegunungan. Sementara fotografi portrait lebih cocok untuk dunia modeling.

landscape

Untuk fotografi landscape pemandangan diperlukan trik khusus agar mendapatkan hasil yang bagus dan sesuai diharapkan. Terlebih jika Anda sudah berusaha untuk mencari objek pemandangan jauh-jauh, tetapi hasil yang didapatkan kurang maksimal tentunya akan sedikit kecewa. Seperti teknik fotografi lainnya yang membutuhkan tips, berikut ini terdapat beberapa tips memotret landscape fotografi.

Tips Memotret Landscape Fotografi untuk Pemula

Gunakan Bantuan Tripod

Untuk mengambil sudut pandang tertentu pada fotografi landscape Anda bisa menggunakan bantuan tripod. Dengan menggunakan tripod maka Anda cukup memanfaatkan fitur timer, sehingga kamera akan mengambil objek dengan sendirinya. Namun yang pasti jangan lupa untuk tetap mengatur dan memperhatikan iso, shutter speed, dan juga aperture. Kelebihan dari menggunakan tripod banyak, salah satunya adalah mengurangi terjadinya getaran, dan juga gambar dapat diambil secara lurus horizontal. Tripod cocok digunakan diberbagai medan.

Memberikan Foreground

Tips memotret kedua adalah memberikan foreground untuk menambah segi keindahan pada objek gambar yang ditangkap. Foreground memang dapat membuat foto menjadi lebih menarik dan indah. Foreground dapat berupa ranting pohon, ataupun objek lainnya yang berada di sekitar lokasi yang akan Anda ambil. Memberikan foreground banyak digunakan para fotogrefer landscape professional untuk menambah kesan pada foto sekaligus untuk mempercantik hasil.

Menggunakan Low ISO

Tips memotret landscape fotografi berikutnya adalah jangan lupa untuk menggunakan low ISO. ISO digunakan untuk membantu menghasilkan foto lebih terang ketika berada di tempat kondisi yang kurang cahaya. Untuk fotografi landscape berada di alam bebas dan bersifat outdoor, untuk itu sebaiknya sangat diperhatikan penggunaan ISO. Semakin kecil ISO maka semakin halus gambar yang dihasilkan, terlebih sudah tersedia cahaya dari sinar matahari yang menyinari.

Menggunakan Filter

Filter pada lensa dapat digunakan untuk teknik landscape fotografi. Untuk filter yang bisa digunakan seperti Gradual ND ataupun Polarizer. Untuk filter Gradual ND berfungsi sebagai pengontrol exposure pada langit yang berlebih. Sedangkan untuk filter polarizer berfungsi untuk membantu menghilangkan refleksi cahaya matahari, misal saja pada bebatuan yang kena air, atau langit dengan warna yang lebih biru.

Jangan Lupa Terus Tetap Memotret

Yang terakhir perlu diketahui adalah jangan lupa terus mencoba dan memotret. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, namun dalam arti tetap belajar dari hasil foto yang didapatkan. Dengan begitu akan mengetahui hasil mana yang lebih baik dengan kompisisi yang berbeda. Tips ini akan secara otomatis melatih kemampuan dalam memotret landscape maupun lainnya.

Baca juga artikel menarik tentang Cara memotret siluet

Demikianlah tadi pembahasan mengenai tips memotret landscape fotografi yang perlu diketahui. Selain tips di atas, Anda juga harus mengetahui beberapa teknik shutter speed kreatif dalam fotografi landscape. Berikut diantaranya.

Teknik Shutter Speed Kreatif Fotografi Landscape

Terdapat berbagai macam cara untuk menambah ekspresi pada hasil foto landscape, diantaranya dengan mengubah parameter shutter speed. Contohnya seperti berikut ini.

Shutter Speed Kreatif : Air Terjun

Bagi Anda yang ingin memotret air terjun dengan hasil yang dramatis, Anda dapat menggunakan shutter speed yang paling lambat. Caranya adalah setting aperture pada f/22 dan ISO 100 maka mampu mendapatkan shutter speed 2,5 detik. Air tersebut akan terlihat seperti kapas. Jika perlu Anda juga dapat menggunakan filter ND dan polarisasi.

Shutter Speed Kreatif : Jejak Lampu

Untuk membuat jejak lampu pada malam hari, tips memotret landscape fotografi yang pertama adalah Anda harus menghindari jalanan yang macet. Hal ini dikarenakan berapapun lambatnya shutter yang Anda gunakan, jika lalu lintas macet dan tidak bergerak maka tidak akan menghasilkan foto light trail yang maksimal. Cara melakukannya adalah setting dengan kontrol manual, yakni dengan mengatur exposure. Alat yang dapat Anda gunakan adalah Tripod, Lens hood, dan remote shutter.

Shutter Speed Kreatif : Buih Air Laut

Jika ANda memiliki filter Nd, Anda dapat mencoba teknik ini pada sore hari. Gunakan shutter speed 5 detik untuk memotret ombak lautan maka hasilnya akan terlihat menyerupai kapas lembut atau seperti kabut yang sangat lembut. Semakin lambat shutter speed Anda maka gelombang atau riak air laut akan semakin terlihat indah atau dramatis, hasilnya mirip dengan kabut yang mengkilap. Jika Anda memiliki filter ND big stopper memangkas 3 hingga 10 stop cahaya akan mudah dicapai.

Itulah beberapa teknik shutter speed fotografi landscape yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin menjadi fotografer profesional, cobalah untuk terus memotrot dengan cara Anda sendiri karena dari situ Anda akan mengerti settingan yang cocok untuk kamera Anda.

Loading...