Tips Memilih Spesifikasi Komputer Untuk Game

By Categories : Hardware

Saat ini komputer sudah bukan merupakan barang mewah lagi. Perangkat ini menjadi piranti penting di zaman yang semakin maju. Bahkan saat ini banyak orang yang sudah paham dengan seluk beluk komputer sehingga mereka terkadang berkreasi sendiri menentukan spesifikasi sesuai kebutuhannya. Bagi Anda pecinta game tentu membutuhkan spesifikasi komputer yang handal karena game terbaru saat ini memang mengharuskan komputer dengan spesifikasi yang selalu up to date.

spesifikasi komputer untuk game

Untuk itu bagi Anda yang ingin memilih spesifikasi komputer untuk game disarankan untuk memilih spesifikasi yang terbaru. Hal ini agar spesifikasi komputer Anda selalu mendukung game-game yang akan rilis terbarunantinya. Namun jika Anda memiliki biaya yang terbatas Anda tidak perlu memaksakan untuk membeli komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Anda cukup memilih standar spesifikasi komputer untuk bermain game saja. Ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan dalam memilih spesifikasi komputer untuk game. Di antaranya sebagai berikut.

  1. Memilih Processor yang tepat

Hal pertama saat memilih komputer untuk game adalah menentukan processor yang akan digunakan, antar Intel dan AMD. Anda tidak perlu bingung mengenai dua pilihan tersebut karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk processor Intel memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan AMD, namun Intel dipercaya memiliki performa yang lebih baik. Anda dapat memilih processor Intel minimal Core i5 atau jika Anda menggunakan AMD maka pilihlah yang setara dnegan Core i5.

  1. VGA Card untuk game

Hal ini penting untuk diperhatikan saat memilih spesifikasi komputer untuk game adalah menentukan VGA Card. Fungsi VGA Card itu sendiri adalah untuk meningkatkan performa saat bermain game terutama dalam segi grafis. Ada beberapa macam VGA yang bisa Anda pilih, namun untuk VGA terbaik untuk game yang paling populer adalah nVidia dan ATI. Keduanya memiliki keunggulan yang sama, namun jika Anda menggunakan processor Intel disarankan untuk memakai VGA dari nVidia. Dan jika Anda memiliki biaya yang terbatas Anda dapat memilih VGA AT yang harganya lebih murah dibanding nVidia.

  1. Menentukan RAM

Jika Anda ingin merakit komputer untuk game disarankan menggunakan RAM dengan kapasitas minimal 4 GB single slot. Hal ini karena Anda nantinya dapat menambahkan RAM tambahan pada sot kosong yang sama ukuran menjadi 8 GB. RAM besar memang sudah menjadi syarat untuk bermain game HD pada komputer.

  1. Memilih harddisk yang tepat

Pada tahap ini Anda hanya cukup menyesuaikan saja. Memilih spesifikasi komputer untuk game disarankan menggunakan harddisk berukuran 500 GB. Anda juga dapat memilih kecepatan mulai dari 7200 RP hingga 15000 RPM.  Hal ini penting karena game yang Anda mainkan rata-rata memiliki ukuran minimal 5 GB.

Loading...