Tips Memilih Power Supply Komputer yang Tepat

By Categories : Hardware

Power supply merupakan bagian dari perangkat komputer yang terkadang sering dilupakan. Kebanyakan orang lebih mementingkan komponen seperti processor, RAM, dan VGA Card dibanding dengan power supply. Padahal peran power supply pada sebuah komputer juga sangat penting untuk mengirimkan daya ke seluruh komponen pada komputer. Bisa dibayangkan jika power supply yang digunakan bermasalah.

power supply komputer

Untuk itu untuk merakit sebuah komputer perlu diperhatikan pemilihan power supply komputer yang tepat. Hal ini bertujuan untuk menjaga keawetan kompenan pada komputer. Terlebih lagi komputer yang Anda gunakan sering untuk bermain game. Maka power supply berkualitas baik sangat diperlukan. Jangan sampai komputer Anda menjadi cepat rusak karena pemilihan power supply yang salah.

Berikut tips memilih power supply komputer

  1. Sebelum memilih power supply, perkirakan jumlah daya yang nantinya dibutuhkan pada komputer Anda. Anda dapat menggunakan tool yang ada di internet untuk membantu mengecek.
  2. Saat memilih power supply, pilihlah yang bermerk. Hal ini karena merk baik juga akan menentukan power supply yang Anda pilih. Merk tersebut antara lain Seasonic, Digital Alliance, dan lainya.
  3. Anda juga dapat mencari informasi tentang power supply terbaik di internet, seperti di forum. Carilah yang sudah memiliki cap bronze, yakni sertifikat yang diberikan kepada power supply tersebut dengan efisiensi di atas 80%. Dengan efisian si yang tinggi maka pengeluaran biaya untuk listrik Anda bisa lebih kecil.
  4. Pilihlah power supply yang sudah berlabel 80+. Label tersebut dapat menjadi jaminan jika power supply yang Anda pilih memiliki kualitas yang baik.
  5. Power supply yang yang berkualitas tentu sudah terverifikasi oleh lembaga tertentu untuk meregistrasi produsen power supply seperti UL. Anda dapat mengecek apakah komponen yang Anda beli sudah bersertifikat internasional tau belum melalui UL Online Check Database.
  6. Perhatikan konektor 24-pin ATX pada power supply komputer yang Anda pilih. Power supply berkualitas biasanya menyediakan konkektr 24-pin ATX yang dapat berguna untuk konektor 20-pin. Sehingga mampu digunakan untuk beberapa motherboard.
  7. Jumlah fuse power supply juga penting untuk diperhatikan. Power supply yang memiliki kapasitas tinggi dapat dapat membagi output dengan fuse yang masing-masing memiliki batas arus kecil. Umumnya standar keselamatan memerlukan batas 20A, karena pada umumnya kabel yang digunakan pada komputer berukuran lebih kecil dengan arus 15A.
  8. Berat power supply komputer juga akan mempengaruhi kualitas karena power supply dengan pure watt akan memiliki bobot lebih dibandingkan dengan power supply fake watt. Yang membuat beda adalah bahan yang digunakan, mulai dari casing, kabel, dan kapasitor.
Loading...