Tips Memilih Nama Domain untuk Website atau Blog

By Categories : Internet

Domain sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah website. Sampai saat ini sudah banyak penyedia web hosting dengan berbagai fasilitas dan fitur yang dimiliki. Salah satu hal yang perlu diketahui dalam memilih domain adalah untuk keperluan website pribadi ataupun untuk bisnis. Keduanya perlu dibedakan karena antara website atau blog pribadi berbeda dengan bisnis.

Nama domain merupakan identitas dari sebuah web, dimana para pengunjunjung dan mesin pencarian mengenali website yang Anda kelola. Fungsi domain ini adalah mempermudah para pengguna internet dalam melakukan akses menuju server, disamping itu juga digunakan untuk keperluan mengingat nama server yang dikunjungi.

blog

Oleh sebab itu pertimbangan memilih nama domain yang bagus perlu dilakukan. Saat ini banyak tips memilih nama domain untuk website atau blog. Bagaimana sajakah tipsnya? Untuk lebih lanjutnya, silahkan ikuti pada pembahasan di bawah ini!

Berikut Tips Memilih Nama Domain untuk Website atau Blog

Nama Domain untuk Blog atau Website Pribadi
Bagi Anda yang ingin membeli nama domain guna blog atau website pribadi terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan. Hal-hal yang perlu Anda perhatikan di antaranya seperti isi tentukan isi blog atau website pribadi Anda misal mengenai tips kesehatan, fotografi, traveling, atau pembahasan mengenai harga gadget terbaru, dan lain sebagainya. Untuk itu pilihlah nama yang sesuai dengan tema dan isi yang telah Anda rancangkan.

Selain itu blog atau website pribadi juga bisa Anda berikan sesuai dengan nama Anda. Namun hal tersebut jika Anda sering aktif melalui media sosial di antaranya Facebook, Twitter, dan beberapa sosial media lainnya. Ini dikarenakan teman Anda di media sosial sudah mengetahui nama Anda, sehingga akan lebih mudah mengunjungi website atau blog yang Anda buat.

Selain nama Anda hal yang perlu Anda perhatikan lainnya adalah memilih nama yang sederhana dan mudah untuk diingat. Dengan begitu ketika pengunjung yang akan mengunjungi blog Anda akan mudah untuk mengetikkan di mesin pencarian yang mereka gunakan. Hal ini berguna untuk meningkatkan trafik blog pribadi Anda.

Nama Domain untuk Online Shop
Untuk yang satu ini berbeda dengan blog atau website pribadi. Tips memilih nama domain website online shop sebaiknya diperhatikan dengan benar. Hal ini menyangkut dengan penjualan barang yang Anda tawarkan. Pilihlah nama yang mudah untuk diingat, sederhana, dan sesuai dengan produk yang Anda tawarkan. Tidak perlu membuat nama yang sulit, cukup sederhana saja namun kualitas akan produk yang Anda jual melalui sistem online berkualitas.

Secara umum nama yang sederhana dan mudah diingat sangat mudah dibaca oleh mesin pencari seperti Google. Kualitas dan kepercayaan para calon konsumen menjadi prioritas awal untuk suksesnya toko online shop. Perlu diketahui juga bahwa jangan membuat nama domain mirip dengan domain yang suda, hal tersebut kemungkinan besar dapat dituntut oleh perusahaan pemilik yang bersangkutan.

Nah itulah tadi beberapa tips memilih nama domain untuk website atau blog yang dapat Anda ketahui.

Loading...