Tips Memilih Modem

By Categories : Hardware

Banyak diantara kita menggunakan modem sebagai sarana untuk mengakses internet, disaat orang tersebut tidak menggunakan perangkat WiFi di rumahnya. Dengan menggunakan perangkat USB modem, orang tersebut dapat membantu kegiatan dalam browsing di internet. Apalagi mengingat berbagai modem saat ini sudah banyak di pasaran dengan berbagai ragam harga mulai dari yang standart sampai dengan yang paling mahal.

Terdapat banyak hal yang harus Diperhatikan sebelum Anda membeli modem, hal ini memang seperti halnya dengan membeli barang elektronik lainnya. Salah satu yang harus diperhatikan lainnya adalah perangkat modem USB memanfaatkan jaringan operator penyedia CDMA atau GSM agar terkoneksi dengan jaringan internet. Lalu apa saja tips memilih modem yang baik? Berikut ini adalah ulasan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Tips Memilih Modem

Tips Memilih Modem

Menentukan Jaringan Provider yang Kuat Pada Daerah Anda

Tips memilih modem yang pertama adalah dengan menentukan jaringan provider yang bagus pada daerah Anda. Modem sebagus apapun, jika tidak terdapat sinyal yang memadai, maka akan mengurangi performa dari modem itu sendiri. Oleh dari itu untuk mengatasi permasalahan tersebut, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan jaringan provider terlebih dahulu yang baik di daerah Anda. Dengan begitu maka modem USB Anda akan bekerja secara maksimal.

Plug and Play

Fitur yang satu ini terdapat pada modem, dengan menggunakan fitur ini tidak menggunakan aplikasi atau driver untuk meng-instalnya. Namun ada juga yang menggunakan driver yang biasanya sudah disediakan satu paket bersama modem, dan Anda tinggal melakukan instalasi. Jika menggunakan fitur plug and play maka, Anda tinggal memasukkan modem kedalam port usb laptop dan tinggal klik “connect” untuk mengkonekkannya. Baca juga Software Utility Terbaik

Memeriksa Kecepatan Modem

Tips memilih modem yang berikutnya adalah dengan memeriksa kecepatan pada modem. Apapun merknya coba Anda pastikan untuk mengecek kecepatan modem tersebut. Biasanya kecepatan modem tersedia pada kemasannya. Contoh saja kecepatan modem ada yang sekitar 3,6 Mbps, 7,2 Mbps, dan bahkan lebih. Biasanya untuk kecepatan yang semakin bagus, mempengaruhi pula harga modem tersebut. Pilihlah sesuai dengan keinginan Anda, dan pastikan juga melihat keadaan seperti tips yang pertama.

Garansi Pada Modem

Setiap barang elektronil yang sudah diproduksi tidak sempurna 100%, pasti ada saja kekurangan sehingga membutuhkan garansi jika terjadi permasalahan. Dalam membeli barang, Anda haruslah cermat sehingga garansi harus dipertanyakan. Oleh sebab itu jangan ragu untuk mempertanyakan garansi kepada penjual modem.

Sesuaikan Modem USB dengan Sistem Operasi

Biasanya setiap modem usb akan diberikan keterangan cocok atau kompatibel dengan menggunakan sistem operasi. Untuk Anda pengguna Windows 7 atau Windows XP, sebaiknya Anda berbahagia karena kebanyakan modem usb kompatibel dengan menggunakan sistem operasi tersebut. Namun jika Anda pengguna Windows 8 keatas, Mac OS, atau Linux maka Anda harus memperhatikannya.

Nah itulah beberapa tips memilih modem yang patut Anda perhatikan dalam pembelian, dan yang pasti sesuaikan pembelian dengan dana yang Anda miliki. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Game HD Android Terbaik

Loading...