Tips Memilih Micro SD Class 10 Berkualitas

By Categories : Hardware

Micro SD merupakan salah satu bagian terpenting dalam smartphone sebagai tambahan memori eksternal. Biasanya ruang penyimpanan pada smartphone sangat terbatas, sehingga penggunaan micro SD dapat membantu Anda sebagai tempat penyimpanan tambahan. Namun perlu diketahui jika micro SD yang Anda pilih diharapkan tidak mengganggu kinerja dari smartphone tersebut. Ada beberapa jenis micro SD yang bisa Anda pilih, dari class 2, class 4, class 6, dan class 10.

micro SD class 10

Semakin tinggi class micro SD tersebut akan semakin baik kinerjanya. Saat ini, micro SD class 10 menjadi pilihan para pengguna smartphone. Alasannya adalah untuk kebutuhan multimedia seperti memutar video/film HD dan full HD.

Dengan banyaknya merk micro SD yang tersebar di pasaran terkadang membuat orang bingung untuk memilihnya. Perlu Anda ingat jika setiap merk memeiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu Anda harus pilih sesuai dengan kebutuhan smartphone Anda.

Micro SD class 10 yang terbaik sebenarnya micro SD yang sesuai dengan kebutuhan gadget Anda. Jika Anda memiliki smartphone dengan spesifikasi tinggi disarankan untuk memilih micro Sd yang bagus, seperti micro SD class 10. Sebaliknya, jika Anda memiliki smartphone dengan spesifikasi standar maka Anda dapat memilih yang class 6. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan batas kapasitas memori ekternal ponsel Anda. Jangan sampai Anda memilih micro SD yang melebihi batas maskimal yang dianjurkan. Hal ini karena setiap smartphone memiliki kapasitas maksimal yang berbeda-beda.

Perbandingan merk micro SD class 10

  1. Dari sisi harga

Ada banyak merk yang menawarkan micro SD dengan class 10. Saat ini merk micro SD class 10 dengan harga termurah adalah Vgen class 10, dan harga tertinggi adalah transcend class 10. Namun Anda juga dapat memilih Sandisk Ultra, ini bisa menjadi alternatif karena harganya lebih murah dibandingkan transcend class 10. Selain itu, kecepatan Sandisk juga lebih baik yaitu 48 Mb/s, sedangkan taranscend class 10 hanya 20 Mb/s.

  1. Dari segi kecepatan

Sekain tinggi kecepatan pada micro SD class 10 tentu memiliki kenirja yang lebih bagua, namun harganya juga lebih mahal. Sebagai contoh, Sandisk ultra micro UHS-1 200X memiliki kecepatan 30 Mb/s harnya lebih murah dibanding micro SD transcend class 10 133X yang memiliki kecepatan 20 Mb/s. Untuk itu, Anda harus lebih cermat memilih micro SD sebelum membelinya.

  1. Dari sisi daya tahan

Setiap produsen micro SD class 10 tentu mengklaim memiliki durability yang baik, misalnya tahan air, tahan suhu, dan sebagainya.  Sebagai contoh, micro SD Sandisk Ultra mampu menahan suhu -13 hingga 185 derajat fahrenheit, tahan air, dan didesain tahan tekanan. Sedangkan untuk Samsung micro SD UHS-1 mampu bertahan di dalam air hingga 24 jam, bertahan dari bandara mesin X-ray, dan 10.000 gauss. Jadi setiap merk memiliki kelebihan masing-masing.

Loading...