Tips Memilih Lensa Kamera DSLR yang Perlu Diketahui

By Categories : Gadget

Kamera DSLR menjadi banyak pilihan bagi mereka yang ingin terjun langsung dalam dunia fotografi atau sekedar untuk hobi. Kamera DSLR mampu menghasilkan foto lebih baik dibandingkan dengan kamera digital biasa. Pada umumnya kamera DSLR dibagi menjadi berbagai tipe seri mulai dari untuk para pemula sampai dengan untuk para professional.

Tips Memilih Lensa Kamera DSLR

Untuk menghasilkan kualitas gambar tinggi dan berkualitas, kamera DSLR telah didukung dengan menggunakan lensa yang harganya sampai dengan puluhan juta. Dalam pembelian lensa memerlukan tips agar sesuai dengan penggunaan. Untuk itu pada pembahasan berikut ini membahas seputar tips memilih lensa kamera DSLR. Lalu apa sajakah tips tersebut? yuk langsung simak ulasannya di bawah ini!

Berikut Tips Memilih Lensa Kamera DSLR

Perhatikan Harga Lensa

Harga menjadi tips pertama yang perlu Anda perhatikan dalam memilh lensa untuk kamera DSLR Anda. Setiap lensa pada umumnya memiliki harga yang berbeda, tergantung dengan kualitas lensa tersebut. Biasanya untuk pengguna kamera Canon maupun Nikon memiliki masing-masing lensa yang bisa menjadi andalan untuk menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi. Untuk itu Anda perlu menyiapkan dana lebih jika ingin memilih dan membeli lensa.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Tips yang berikutnya adalah dengan menyesuaikan dengan kebutuhan fotografi. Untuk seorang professional memang dibutuhkan berbagai lensa sebagai pendukung dalam profesi mereka. Namun bagi Anda yang baru mempelajari dunia fotografi sebaiknya gunakan kamera dan lensa standart terlebih dahulu, misal lensa standart bawaan yang bisa dipilih 18-55mm. Sedangkan untuk Anda yang ingin lensa untuk keperluan model Anda bisa memilih lensa dengan bukaan besar seperti 50-60mm, lensa 50mm f/1.8, dan banyak lagi.

Perhatikan Daya Fokus Lensa

Yang ketiga adalah dengan memperhatikan daya fokus yang dimiliki pada lensa. Pada dasarnya sebuah lensa yang memiliki daya fokus baik mampu menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi. Dengan titik fokus baik, maka akan memudahkan para pengguna mengambil gmbar dengan sudut pandang manapun. Hal ini sangat bermanfaat sekali untuk para pemula untuk memilih lensa. Untuk itu jangan lupa perhatikan daya fokus pada lensa.

Memilih Lensa dengan Memperhatikan Zoom

Zoom pada lensa juga berpengaruh pada pengambilan gambar berlangsung. Setiap lensa memiliki kemampuan zoom berbeda-beda. Untuk Anda yang suka mengambil gambar dari jauh tanpa perlu mendekat sebaiknya pilihlah lensa dengan kemampuan zoom tinggi seperti lensa tele 70-200 f/4 atau lensa 18-200mm. Adapun kemampuan dari lensa zoom adalah lebih fleksibel dan kemampuan untuk membidik objek dengan jarak yang cukup jauh, namun tetap menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi.

Nah itulah tadi beberapa tips memilih lensa untuk kamera DSLR yang perlu diperhatikan. Apalagi jika Anda baru mempelajari dunia fotografi sebaiknya memilih dan mencari informasi mengenai lensa yang akan dibeli dan perlu diingat sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Baca juga artikel terkait Tips merawat kamera DSLR.

Loading...