Tips Memilih Laptop Gaming

By Categories : Hardware

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih pada sektor elektronik, banyak masyarakat yang mulai beralih menggunakan desktop, dan juga ponsel pintar atau disebut dengan smartphone. Dengan adanya fitur multimedia membuat sebagian orang memanfaatkannya untuk sekedar menyegarkan pikiran, seperti menonton film, mendengarkan musik, dan juga bermain game.

Namun perlu diketahui bahwa untuk bermain game, laptop perlu memiliki spesifikasi khusus yang bisa digunakan. Misal saja memilih prosesor yang baik, memiliki grafis tambahan, atau juga jumlah RAM. Nah bagi Anda yang sedang mencari, tidak ada salahnya jika membaca ulasan berikut ini mengenai tips memilih laptop gaming yang mungkin dapat membantu Anda menjadikannya sebagai referensi!

tips memilih laptop gaming

Tips Memilih Laptop Gaming

Segi Prosesor

Prosesor menjadi suatu hal yang penting dalam kinerja laptop. Bagian ini disebut sebagai otak dari sebuah laptop. Dalam memilih laptop untuk gaming, Anda juga perlu mengetahui jenis prosesor dan kualitas yang dimiliki oleh prosesor itu sendiri. Yang dapat Anda ketahui dan cermati adalah misal seperti tingginya clock speed (GHz), jumlah core (inti otak), atau juga sistem hyper threading, dan juga besar cache yang ada. Pada umumnya prosesor Core i3, i5 atau AMD A4 Dual Core dengan 2 GHz dan cache 2 MB sudah cukup dalam memainkan game ringan sampai sedang. Namun bagi Anda yang menginginkan game berat dan terbaru, pastinya membutuhkan yang lebih pula. Anda dapat memilih prosesor Intel atau juga AMD.

VGA ( Video Graphic Adapter)

Tips memilih laptop gaming berikutnya adalah memperhatikan VGA. Kemampuan komponen hardware atau perangkat keras yang satu ini sangat menunjang sekali dalam kinerja laptop untuk gaming. Semakin besar jumlah memori yang ada dalam VGA maka semakin besar pula kemampuan grafis yang dimiliki oleh laptop tersebut. Dengan begitu maka laptop dapat memainkan game dengan baik. Saat ini terdapat dua produsen chipset VGA yang terkenal yaitu Nvidia GeForce, dan juga ATI Radeon. Kedua produsen tersebut memang sudah terkenal dalam pasaran laptop. Baca juga Perbedaan Nvidia dan ATI Radeon

Jumlah RAM (Random Access Memory)

RAM memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara pada saat Anda menggunakan laptop. Untuk penggunaan game usahakan laptop memiliki RAM minimal 2 GB atau juga 4 GB tipe DDR3 atau DDR4. Namun yang perlu diingat adalah usahakan dalam memilih laptop RAM dan VGA harus seimbang agar kinerja lebih stabil. Dan perhatikan juga harga yang dibandrol laptop tersebut, biasanya jenis laptop untuk gaming dapat di-upgrade sendiri dengan memiliki biaya yang lebih terjangkau. Baca juga Perbedaan RAM dan ROM.

Hard Drive

Sebagai pengguna komputer tentu sudah mengetahui bahwa fungsi dari HD adalah untuk penyimpanan data secara permanen. Selain itu hard drive ini juga yang menentukan kecepatan transfer sebuah data dan juga untuk membaca berbagai driver yang ada pada laptop gaming. Tetapi Anda juga perlu memperhatikan kapasitas HD tersebut minimal 500 GB dengan minimal 5400 RPM (Rotation Per Minute). Di samping itu bagi Anda yang memiliki dana lebih, maka Anda dapat memilih hard drive dengan tipe SSD yang memiliki kemampuan 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan HD biasanya.

Laptop gaming terbaik

  • Asus G750

Umumnya laptop gaming memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan laptop standar lainnya. Namun jika Anda menginginkan laptop gaming dengan harga di bawah 10 juta maka Asus G750 bisa menjadi pilihan. Laptop gaming ini dibekali dengan CPU Intel Core i7-4700HQ yang mampu mencapai kecepatan 2.4 GHz. Selain itu para pecinta game juga akan difasilitasi RAM berukuran raksasa yakni muai dari 12 GB hingga 32 GB. Sebagai laptop gaming, pihak Asus juga membekali layar 17.3 inci yang mampu menghadirkan gambar dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Untuk memori penyimpanan Asus G720 dilengkapi dengan memori internel sebesar 1 TB.

  • Dell Vostro 14-5470

Dell juga memberikan penawaran yang cukup menarik untuk laptop gaming dengan harga sekitar 6,5 jutaan. Laptop dengan seri Dell Vostro 14-547 ini cocok bagi Anda yang mencari laptop gaming di bawah 10 juta. Laptop ini dibekali CPU Intel Core i3-4010U berkecepatan 1.70 GHz. Dell Vostro mampu memberikan gambar sangat jernih karena mengusung layar 14 inci WXGA HD Truelife LED berukuran 1366 x 768 piksel.

  • HP Pavilion G7-2240US

Bagi Anda penggemar game jangan pernah melewatkan laptop gaming keluaran dari HP ini. HP Pavilion G7-2240US merupakan laptop gaming berukuran 17,3 inci dengan fitur Windows 8  dengan RAM berkapasitas 6 GB DDR3. Untuk processor sendiri menggunakan Intel Core i3 dan dibekali dengan ruang penyimpanan sebesar 750 GB.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai tips memilih laptop gaming, adapula hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah besarnya layar untuk kepuasan bermain game, audio, dan juga daya tahan baterai. Baca juga Laptop Gaming Murah dan Berkualitas

Loading...