Tips Memilih Laptop Berkualitas

By Categories : Hardware

Setelah pada pembahasan mengenai tips memilih smartphone, kali ini masih membicarakan seputar tips yaitu tips memilih laptop berkualitas. Dalam pembelian apapun memang diperlukan perhatian khusus agar tidak merasa kecewa di kemudian hari. Begitu halnya dengan membeli laptop, apalagi banyak vendor laptop yang memiliki kualitas berbeda-beda. Dalam pembelian laptop harus melihat spesifikasi didalamnya agar sesuai dengan harapan yang diinginkan. Oleh karena itu sebelum Anda membeli laptop, alangkah baiknya jika membaca artikel berikut.

Tips Memilih Laptop Berkualitas

Tips Memilih Laptop Berkualitas

Jumlah Dana atau Budget

Sama halnya dengan membeli smartphone dan barang lainnya, dalam membeli laptop juga harus memikirkan dana yang di miliki. Percuma saat jika menginginkan kualitas yang tinggi, tetapi dana tidak mencukupi. Oleh karena itu menyiapkan dana sebelum pembelian jauh lebih baik dibandingkan memikirkan laptop terlebih dahulu. Biasanya semakin besar ukuran layar laptop dan spesifikasi yang bagus, semakin mahal harganya.

Spesifikasi Laptop

Tips memilih laptop yang selanjutnya adalah melihat spesifikasi yang ada. Spesifikasi laptop biasanya dilihat dari hardware, Anda sebagai calon pembeli harus mengetahui mana hardware yang baik. Semakin tahun semakin baik pula hardware pada laptop. Hardware diantaranya seperti Prosesor yang digunakan, jumlah kapasitas RAM, kapasitas Hardisk, Konektivitas, dan juga baterai. Dengan memperhatikan spesifikasi dan juga jumlah dana pada dasarnya sudah cukup dalam melakukan pembelian tinggal memikirkan merk. Namun tidak ada salahnya jika meneruskan membaca tips berikutnya. Perlu diingat pilihlah laptop dengan hardware keluaran terbaru seperti memperhatikan generasi pada prosesor dan jumlah memori.

Fungsi Laptop (Sesuai Kebutuhan)

Menentukan terlebih dahulu fungsi laptop juga merupakan tips berikutnya dalam membeli laptop. Misal saja untuk pekerjaan atau tugas sekolah, maka Anda memerlukan laptop dengan ukuran yang sesuai yaitu 14 inchi dan juga memiliki hardware yang cukup bagus dan tidak membutuhkan adanya grafis seperti Nvidia atau juga AMD Radeon. Sedangkan bagi Anda yang menyukai game maka Anda membutuhkan laptop dengan prosesor tinggi, layar yang cukup besar (15 inchi, atau di atasnya), kartu grafis yang baik, dan juga kapasitas memori RAM yang cukup besar misal saja 4 GB.

Memperhatikan Garansi

Tips yang satu ini biasanya diabaikan banyak orang, padahal fungsi tips yang satu ini cukup penting. Pada umumnya laptop dalam kondisi keadaan baru memiliki kartu garansi tertentu tergantung dengan vendor yang ada. Oleh karena itu perhatikanlah garansi pada laptop yang Anda beli dengan cara menanyakan dan juga menyimpan kartu garansi dengan baik.

Melihat Desain

Melihat desain laptop yang akan dipilih merupakan tips berikutnya. Desain laptop saat ini berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. Desain laptop saat ini lebih tipis, dan simpel dibandingkan dengan laptop keluaran beberapa tahun yang lalu. Oleh sebab itu alangkah baiknya pilihlah laptop dengan desain yang simpel sesuai dengan harapan namun tetap berkualitas. Biasanya setiap orang menyukai desain laptop termasuk dalam pemilihan warna.

Beberapa pembahasan di atas sudah cukup dalam tips memilih laptop berkualitas, yang terpenting dalam membeli laptop adalah memahami terlebih dahulu segi hardware yang ada. Baca juga artikel menarik lainnya Cara Merawat Printer agar Awet

Loading...