Tips Memilih Kamera DSLR

By Categories : Tekno

Dalam membeli sebuah kamera DSLR, Anda lebih dulu perlu mempertimbangkan kamera apa yang akan Anda beli. Kamera DSLR tentu saja berbeda dengan kamera pocket, dan kamera digital. Untuk ukuran pemula kamera ini tidak begitu nyaman dibawa karena ukurannya yang tidak seperti kamera digital atau pocket pada umumnya.

Dari sisi lain ketika Anda sudah mengetahui kualitas dari hasil jepretan kamera DSLR maka Anda akan semakin tertarik untuk memilikinya. Biasanya kamera terbagi menjadi tiga kelas yaitu untuk pemula, semi professional, serta untuk professional. Jangan sampai salah memilih kamera, karena pengaturannya berbeda pada setiap kelasnya. Lalu bagimana tips memilih kamera DSLR yang baik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut adalah rangkumannya.

tips memilih kamera DSLR

Tips Memilih Kamera DSLR

Memperhatikan Merk Kamera

Tips memilih kamera DSLR yang pertama adalah dengan memperhatikan merk yang akan Anda beli. Jika Anda pecinta Nikon atau lebih menyukai Nikon maka Anda dapat membeli DSLR Nikon untuk pemula. Sebaliknya jika Anda lebih menyukan Canon, maka sudah tersedia banyak merk Canon untuk pemula. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah Anda dalam belajar fotografi ke depannya. Pada umunya fitur-fitur untuk pemula hampir sama dan yang pasti mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Memaksimalkan Penggunaan

Biasanya kebanyakan orang meng-upgrade kamera DSLR mereka dengan kamera yang baru. Hal tersebut tak masalah jika mereka benar-benar sudah menguasai berbagai fitur pada kamera sebelumnya. Nah bagi Anda yang masih pemula alangkah baiknya jika memaksimalkan penggunaan perangkat kamera DSLR Anda. Nah baru setelah Anda sudah bosan, dengan menguasai fitur di dalamnya, barulah meng-upgrade untuk versi yang lebih lagi. Hal tersebut biasanya untuk orang yang ingin berprofesi sebagai fotografer. Baca juga Aplikasi Download Manager Android

Memilih Kamera dengan Resolusi dan ISO Bagus

Tips memilih kamera DSLR yang selanjutnya adalah dengan memilih kamera yang memiliki resolusi serta ISO yang bagus. Lalu apa itu Resolusi dan ISO? Resolusi kamera yang baik akan menentukan kualitas gambar yang Anda hasilkan melalui bidikan terhadap suatu objek. Lalu untuk ISO adalah kepekaan kamera terhadap cahaya juga semakin bagus. Misal ISO besar untuk tempat yang minim sekali akan cahaya. Pada umumnya untuk pemula kamera memiliki resolusi minimal sebesar 12 megapixel. Oleh karena itu biasanya setiap merk memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri dalam spesifikasinya, tergantung Anda lebih memilih yang mana.

Sesuaikan dengan Dana yang Anda Miliki

Hal yang ini tentu sudah pasti, karena biaya atau dana akan mempengaruhi pembelian Anda. Jika budget Anda tidak terlalu besar, dan Anda masih awam tehadap kamera DSLR alangkah baiknya jika membeli terlebih dahulu kamera untuk pemula. Perbandingan kamera pemula dan di atasnya memang berbeda dalam masalah harga dan fitur yang diberikan.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Anda

Tips yang terakhir atau yang kelima adalah menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hal ini dalam arti Anda perlu memperhatikan kebutuhan, kamera yang Anda beli akan Anda gunakan untuk apa. Misal untuk sebuah dokumentasi pada acara-acara tertentu kamera biasa untuk pemula sudah cukup. Lagipula harga kamera DSLR memang mahal, sehingga pastikan untuk sesuai dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki.

Nah itulah beberapa cara dan tips memilih kamera DSLR yang dapat Anda jadikan referensi dalam pembelian. Sekian dan semoga bermanfaat untuk Anda, baca juga artikel Tips Merawat Kamera DSLR

Loading...