Tips Memilih Kamera CCTV Murah Sesuai Kebutuhan

By Categories : Tekno

Membeli kamera CCTV merupakan antisipasi yang baik untuk mencegah tindak kriminalitas, dan memudahakan bagi pihak berwenang untuk mengindentifikasi pelaku kriminal dari rekaman CCTV. Kamera CCTV mampu memantau situasai lingkungan tempat tinggal Anda. Untuk memilih kamera CCTV tidak perlu mahal, karena saat ini terdapat banyak kamera CCTV murah yang bisa Anda pilih. Namun walaupun murah, Anda harus tetap memilih sesuai dengan kebutuhan.

Tips Memilih Kamera CCTV

Berikut tips memilih kamera CCTV murah

  1. Sesuaikan keperluan kamera dengan budget yang tersedia

Tips memilih kamera CCTV murah yang pertama adalah perhatikan budget yang Anda punya. Jika Anda memiliki budget yang minim maka Anda dapat memilih kamera CCTV yang memiliki resolusi rendah maupun ber TVL rendah. Spesifikasi kamera CCTV tersebut cenderung memiliki harga yag murah. Sedangkan jika Anda memiliki biaya yang lebih, Anda bisa memilih kamera CCTV dengan resolusi yang tinggi. Anda juga bisa memilih kamera yang bermerk karena produsen CCTV saat ini menawarkan banyak pilihan harga yang murah namun kulaitas tetap baik.

Ada beberapa strandar kualitas atau resolusi pada kamera CCTV yang perlu Anda ketahui. Ini bertujuan untuk perbandingan harga kamera CCTV murah yang berkualitas.

  • 1/4” CMOS/CCD Standart Image Quality – 380-420 TVL
  • 1/3” CMOS/CCD – High Image Quality – 480-520 TVL
  • 1/3” CMOS/CCD – Very Hight Image Quality – 540-600 TVL
  • 1/3” CMOS/CCD –Ultra Hight Image Quality – 650-700 TVL

Dari pilihan di atas semakin tinggi TVL maka gambar yang dihasilkan akan lebih tajam. Kualitas resolusi gambar yang dihasilkan akan lebih bagus. Hasil dari kamera CCTV dengan kualitas 1/4” CMOS/CCD memiliki resolusi lebih rendah dibandingkan dengan  kualitas 1/3” CMOS/CCD. Ini karena bidang dari kamera CCTV kualitas 1/3” CMOS/CCD lebih besar dibanding dengan 1/4” CMOS/CCD. Sehingga gambar akan lebih tajam.

Untuk memilih kamera CCTV murah memang ada banyak pilihan. Ini karena pertumbuhan chipset dan CCD kian lama kian berkembang serta bersaing dalam mutu gambar dan video yang dihasilkan. Seiring berkembangnya teknologi tersebut akan semakin sulit membedakan atau membandingkan kamera CCTV. Beberapa vendor bahkan sudah tidak lagi mencantumkan berapa besaran TVL, hanya memberikan keterangan High Resolution camera atau Super High Resolution. Belum lagi dengan hadirnya chipset CMOS yang memiliki kualitas lebih bagus dibandingkan dengan CCD. Selain itu, masaih terdapat beberapa merk atau brand chipset yang ada di pasaran. Untuk itu pilihlah sesuai yang budget yang Anda miliki dan pilihlah sesuai kebutuhan.

  1. Pastikan pemakaian kamera CCTV yang benar

Tips memilih kamera CCTV murah selanjutnya adalah berdasarkan pemakaian. Anda juga harus memperhatikan peletakan kamera CCTV tersebut, berada pada ruangan atau di luar ruangan. Hal ini penting agar CCTV bekerja sesuai dengan fungsinya.

  • Kamera CCTV Outdoor

Jika kamera CCTV diletakan di luar ruangan  maka Anda dapat memilih CCTV khusus. Yang membedakan adalah kamera CCTV outdoor mampu mereduksi cahaya matahari serta jumlah LED infrard lebih banyak dibandingan dengan kamera CCTV indoor. CCTV outdoor juga sudah dilengkapi pelindung penahan sinar matahari dan air huan.

  • Kamera CCTV Indoor

Ada begitu banyak pilihan kamera CCTV murah  untuk dipakai di dalam ruangan. Dalam pemilihannya harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda agar ketika dipasang tidak mengganggu. Kamera CCTV indoor jugaga sebagian sudah dilengkapi dengan inframerah untuk memantau keadaan gelap.

  • Dome Camera

Kamera ini khusus dipasang di plafon atau di langit-langit dan tidak disatukan dengan rotator. Hal ini disebabkan karena tidak adanya dudukan untuk rotator pada CCTV tersebut. Jika Anda ingin memasang jenis kamera CCTV ini dan dapat berputar maka pilihlah Pan Tilt Dome Camera CCTV.

  • Box Camera

Jenis kamera yang satu ini memiliki kelebihan pada lensa. Jadi, Anda dapat mengganti lensa sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, tersedia juga pilihan ukuran lensa yang dijual secara terpisah. Semakin kecil size lensa maka semakin lebar view anglenya. Begitu juga sebalikanya, jika size lebar maka viwe englenya semakin sempit.

  1. Garansi produk kamera yang diberikan

Tips memilih kamera cctv selanjutnya adalah garansi. Jika Anda membeli CCTV jangan lupa untuk melihat garansi produk pada CCTV yang Anda pilih. Biasanya vendor CCTV maupun distributor yang memberikan garansi produk 1 hingga 2 tahu saja. Jika terdapat produk dengan garansi produk lebih dari 2 tahun maka Anda harus mempertanyakan kualitasnya. Setiap produk  tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum Anda menentukan pilihan maka baca terlebih dahulu keterangan pada CCTV tersebut.

  1. Toko penjual kamera CCTV

Dalam memilih kamera CCTV Anda harus menentukan tempat dan lokasi penjual. Pastikan Anda memilih toko yang dapat memberikan demo online atau memperlihatkan kualitas dari produk CCTV mereka. Jika Anda memutuskan untuk membeli di toko online maka Anda harus mengetahui alamat dari toko online tersebut.

Baca juga Keuntungan Teknologi Wireless

Loading...