Tips Memilih Drone Untuk Pemula

By Categories : Tekno

Saat ini pesawat tanpa awak atau drone sedang menjadi tren di kalangan pecinta fotografi. Alasannya adalah drone dapat digunakan sebagai alat untuk mengambil beberapa objek gambar yang sulit dijangkau. Biasanya drone akan diterbangkan di daerah pegunungan atau pantai untuk mengambil view yang menarik. Selain itu, drone juga mulai digunakan oleh para pembuat film. Alasannya mereka lebih mudah untuk mengambil objek yang diinginkan dan tentu akan mengurangi biaya.

Drone saat ini telah menjadi hobi baru bahkan memiliki komunitas di beberapa daerah. Mereka rela merogoh kocel lebih dalam untuk membeli drone favorit. Semakin canggih peralatan yang digunakan maka harga drone akan semakin tinggi. Untuk pemula, Anda harus mengetahui tips memilih drone sebelum Anda membelinya. Hal ini dikarenakan setiap drone memiliki fungsi yang berbeda sesuai kebutuhan.

drone1

Drone atau quadcopter bukan lagi teknologi robotik yang hanya digunakan oleh militer. Kini, drone lebih berbentuk seperti pesawat kecil yang memiliki baling-baling di setiap sudutnya. Dibagian bawah terdapat kamera untuk merekam atau mengambil objek foto dari atas ketinggian tertentu. Untuk menerbangkan drone juga diperlukan pengetahuan dan keahlian khusus.

Walaupaun semakin banyak pilihan, menentukan kualitas drone yang baik bukan  sesuatu yang mudah. Terlepas dari Anda seorang pemula atau profesional, Anda harus memperhatikan tips memilih drone di bawah ini.

Berikut tips memilih drone

  1. Kualitas kamera

Penggunaan drone umumnya digunakan untuk mengambil gambar dari ketinggian tertentu. Untuk itu spesifikasi kamera pada drone sangat penting telebih lagi jika drone digunakan untuk sarana pemotretan atau jurnalistik. Selain itu, Anda juga dapat memasang kamera action sendiri jika kurang puas dengan kamera bawaan drone.

  1. Waktu terbang

Umumnya drone berkualitas mampu terbang sekitar 15 menit. Dengan waktu yang singkat tersebut Anda diharuskan mahir dalam mengambil gambar semaksimal mungkin. Hal ini yang membuat penguna drone harus memiliki keahlian khusus.

  1. Jarak tempuh terbang

Tips memilih drone selanjutnya adalah pilih drone yang memiliki jarak tempuh terbang yang baik. Drone diciptakan tidak hanya memiliki kemampuan untuk terbang, tetapi pengunci GPS yang memungkinkan drone kembali lagi ke titik awal saat baterai mulai lemah. Rata-rata drone mampu terbang hingga sejauh 500 meter hingga 1 kilometer.

  1. Baterai

Sebelum membeli Anda disarankan untuk mengetahui spesifikasi baterai yang digunakan. Biasanya drone berkualitas akan memiliki waktu terbang yang lebih lama dan untuk pengisian akan lebih singkat, yaitu sekitar 2 hingga 3 jam.

  1. Harga

Tips memilih drone yang terakhir adalah memperhatikan harga. Untuk pemula, pilihlah drone yang memilik kualitas standar. Biasanya harga drone tersebut sekitar Rp 1 juta. Ini dapat dijadikan sebagai permulaan mengoperasikan drone sebelum menjadi profesional. Jika sudah mahir, Anda dapat memilih drone dengan kualitas lebih bagus dan tentu biaya akan lebih mahal.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pengguna drone pemula. Setelah Anda mahir, Anda dapat memilih drone terbaik yang memiliki kualitas yang lebih canggih. Berikut beberapa drone dengan kualitas terbaik yang perlu Anda ketahui.

Pilihan Drone Terbaik

Yuneec TYPHOON Q500 4K

Drone ini merupakan salah satu yang terbaik dengan kemampuan yang canggih dibanding dengan drone lainnya. Drone ini memiliki dua kontroler yang tersedia dalam paketannya, yakni remote atau ground station yang menggunakan gelombang radio dengan LCD standar, dan yang satunya lagi menggunakan fround handle dengan kode CGO STEADYGRIP yang bisa dikombinasikan dengan berangkat iOS dan Android sebagai media untuk menampilkan gambar dari kamera pada drone.

Yang menarik adalah drone ini memiliki fitur watch me, dynamic return home, dan follow me. Kamera pada drone juga mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 4K.

3DR Solo

Drone ini memiliki keunggulan yakni pengguna akan diberikan keleluasaan lebih untuk dapat mengupgrade beberapa sparepart supaya memiliki performa yang maksimal. Lama waktu terbang drone ini cukup lama, yakni sekitar 25 menit. 3DR Solo juga dapat dikombinasikan menggunakan perangkat smartphone Android dan iOS, Namun Anda sebelumnya harus mengunduhnya di aplikasi market store dari masing-masing smartphone. Untuk memiliki drone terbaik ini Anda harus mengeluarkan biaya sebesar 900 dollar.

DJI Inspire 1

Salah satu drone terbaik ini memiliki desain yang unik dan menarik dengan empat rotor berkecepatan tinggi serta memiliki material terbaik. Drone ini mampu terbang tinggi dengan cepat dan memiliki daya baterai berkapasitas 4550 mAh dari Lipo 2S dan dapat bertahan dalam waktu 20 menit. Selain itu, drone ini juga memiliki kamera yang mampu menghasilkan gambar yang tajam dan jernih. Untuk memori penyimpanan, DJI Inspire 1 dilengkapi 1 slot yang mampu menampung micro SD dengan kapasitas 64 GB. Drone terbaik ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5700 mAh. Dengan daya baterai tersebut Anda dapat merekam dengan lebih lama.

Loading...