Tips Membeli Lensa Bekas Kamera DSLR

By Categories : Gadget

Sebagai pendukung kamera DSLR dapat dipastikan memerlukan lensa tambahan. Dapat dibilang bahwa lensa merupakan salah satu kekuatan kamera DSLR yang mampu menghasilkan gambar maupun perekaman video dengan kualitas tinggi. Semakin mahalnya lensa baru, sebagian orang lebih memilih lensa bekas yang tentunya lebih menghemat dana.

Membeli Lensa Bekas Kamera DSLR

Lensa bekas memang banyak memikat dengan harganya relative murah dibandingkan dengan lensa baru. Tetapi dalam memilih kamera bekas terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak tertipu dalam proses pembeliannya. Nah maka dari itu Anda perlu mengetahui bagaimana saja tips membeli lensa kamera bekas dengan membaca ulasannya di bawah ini!

Berikut Tips Membeli Lensa Kamera Bekas

Mengecek Kondisi Fisik Lensa

Tips membeli lensa kamera bekas yang pertama adalah dengan mengecek kondisi fisik pada lensa. Kondisi fisik menjadi hal yang paling mudah untuk diketahui ketika akan membeli lensa bekas. Kondisi fisik pada lensa yang bisa diperhatikan di antaranya seperti fisik langsung lensa, serta optic pada lensa. Pastikan juga apakah terdapat jamur atau tidak pada pada bagian lensa. Pada umumnya jika terdapat jamur pada lensa dapat mengganggu pandangan saat akan menangkap objek. Untuk menghilangkan jamur perlu dibawa ke service lensa dengan mencuci khusus untuk lensa. Hal tersebut berarti Anda perlu mengeluarkan dana lagi.

Cek Kinerja Autofokus pada Lensa

Tips membeli lensa bekas kamera DSLR kedua adalah dengan mengecek langsung kinerja autofokus. Fitur autofokus pada lensa sangat penting saat proses pengambilan gambar. Fitur ini memudahkan pengguna untuk menghasilkan gambar lebih baik dan mengurangi resiko foto blur. Untuk itu ketika autofokus lensa bermasalah, pikirkan kembali untuk membeli atau tidak. Pasalnya untuk memperbaiki autofokus pada lensa membutuhkan dana yang tidak murah.

Memeriksa Hasil Gambar dari Lensa

Ketika akan membeli lensa bekas pastikan juga memeriksa gambar yang dihasilkan pada lensa tersebut. Cara memeriksa hasil gambar dapat Anda lakukan dengan memasang lensa tersebut pada body kamera Anda. Setelah itu ambil hasil foto dan lihat melalui laptop. Pada umumnya hasil foto yang bagus jika diperbesar tidak terlalu pecah-pecah. Hal ini bertujuan untuk memeriksa apakah lensa tersebut cacat seperti masalah autofokus, atau masalah centering.

Membeli Lensa pada Orang yang Anda Kenal

Tips membeli lensa kamera bekas berikutnya adalah dengan memastikan membeli lensa bekas pada orang yang Anda kenal. Saat ini memang banyak kasus penipuan online yang marak terjadi dengan barang tidak dikirim. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ketika membeli lensa bekas usahakan pada teman atau orang yang sudah dikenal. Meskipun harus membeli melalui situs online sebaiknya bertemu langsung di tempat yang aman dengan melihat lensa yang akan dibeli.

Jangan Tertipu dengan Harga Murah

Harga yang tak masuk akal bisa menjadi kasus penipuan yang marak terjadi saat ini. Sebelum mencari lensa bekas, Anda perlu melihat referensi mengenai harga baru lensa tersebut. Jika lensa tersebut ditawarkan dengan harga yang sangat murah, sedangkan penggunaan baru berlangsung sebentar sebaiknya Anda patut untuk curiga.

Demikian tadi pembahasan mengenai tips membeli lensa kamera bekas DSLR yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel terkait Tips memilih kamera DSLR.

Loading...