Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas

By Categories : Hardware

Dalam membeli barang bekas sebaiknya perlu memperhatikan beberapa hal khusus agar tidak kecewa dikemudian hari. Setelah pada pembahasan kemarin membahas mengenai tips membeli hp Android bekas, pada kesempatan kali ini beralih untuk tips membeli laptop bekas. Sama halnya dengan membeli hp bekas, dalam membeli laptop bekas Anda harus teliti. Hal ini dikarenakan jika Anda tidak teliti dalam membelinya dapat kecewa dikemudian hari. Oleh sebab itu berikut ini adalah beberapa tips membeli laptop bekas yang dapat dijadikan sebagai referensi!

Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas

Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas

Mengecek Harga Pasaran

Ketika membeli barang elektronik, Anda harus mengetahui harga pasaran. Hal ini juga berlaku dalam membeli laptop bekas. Langkah yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara mengecek harga pasaran laptop yang ingin Anda beli khususnya untuk harga second atau bekas. Pengecekan dapat dilakukan melalui situs online mengenai harga-harga yang biasa ditawarkan. Dengan begitu ketika melakukan proses tawar menawar, Anda dapat menawar harga pembelian dengan baik.

Lama Penggunaan Laptop

Tips membeli laptop bekas yang berikutnya adalah dengan mengetahui penggunaan laptop. Sebaiknya Anda menanyakan terlebih dahulu kepada penjual laptop mengenai lama penggunaan laptop tersebut. Usahakan untuk membeli laptop bekas dengan lama penggunaan tidak lebih dari satu tahun, mengingat spesifikasi semakin hari semakin bagus. Hal tersebut bertujuan untuk agar tidak terlalu tertinggal dengan jaman, dan juga kondisi hardware di dalamnya. Biasanya hardware pada laptop ketika sudah lama rentan akan kerusakan.

Mengajak Teman yang memahami Seputar Dunia IT

Langkah yang satu ini sangat penting untuk Anda perhatikan. Anda dapat mengajak teman Anda yang memahami akan dunia IT atau seputar tentang komputer. Nah dengan begitu teman Anda dapat memberikan saran kepada Anda mengenai spesifikasi hardware pada laptop yang akan Anda beli. Selain itu minta teman Anda untuk mengecek langsung tampilan pada laptop apakah dapat berjalan secara normal atau tidak. Baca juga Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Kelengkapan Sebuah Laptop

Memeriksa perlengkapan laptop bekas menjadi alternatif berikutnya. Tanyakan kepada penjual mengenai kelengkapan laptop apa saja yang diberikan. Biasanya kelengkapan laptop seperti charger laptop, buku panduan pemakaian, cd driver, dus, dan kelengkapan lainnya jika ada. Dengan mendapatkan kelengkapan tersebut berarti penjual laptop masih memperhatikan kondisi laptop beserta kelengkapan yang ada.

Kondisi Charger dan Baterai

Tips membeli laptop bekas berikutnya adalah melihat kondisi charger dan baterai. Jika kondisi keduanya masih bagus, maka Anda mulai dapat melakukan proses tawar menawar. Namun jika kondisi salah satu sudah mengalami gangguan, maka Anda harus berpikir kedua kali dalam membelinya. Ini dikarenakan harga dari baterai atau charger asli baru tidaklah murah. Oleh sebab itu perhatikan juga langkah yang satu ini.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai tips membeli laptop bekas berkualitas yang dapat Anda perhatikan. Adapun langkah lainnya yang perlu diperhatikan adalah kondisi fisik pada laptop seperti kondisi layar, keyboard, dan juga port pada laptop apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Baca juga Kelebihan dan Kekurangan Intel

Loading...