Tips Membeli Komputer Rakitan yang Perlu Anda Ketahui

By Categories : Hardware

Di tengah maraknya gadget seperti smartphone ataupun tablet, kehadiran laptop dan komputer patut untuk dipertimbangkan. Pasalnya kebutuhan akan penggunaan komputer atau laptop masih tinggi. Meski begitu kehadiran dari sebuah komputer rakitan masih dibutuhkan. Memang tidak bisa dipungkiri untuk kebutuhan berat seperti bermain game dengan grafis memukau, mengerjakan tugas, ataupun kegiatan lainnya, komputer menjadi perangkat yang paling unggul dan kuat.

Tips Membeli Komputer Rakitan

Untuk itu dalam merakit sebuah komputer, Anda perlu mengetahui bagaimana saja tips yang dibutuhkan dalam membeli cpu, keyboard, monitor, sampai dengan grafis eksternal seperti Nvidia ataupun AMD. Lalu bagaimana saja tips membeli komputer rakitan? Yuk langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Tips Membeli Komputer Rakitan

Menyesuaikan Dengan Kebutuhan

Tips pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan menyesuaikan kebutuhan. Untuk membeli sebuah komputer rakitan, Anda perlu mempertimbangkan terlebih dahulu akan digunakan untuk apa komputer yang Anda pakai. Misal saja hanya mengerjakan tugas seperti office, internetan dan hiburan menonton film, sekedar mendengarkan musik membutuhkan spesifikasi biasa, sedangkan untuk kebutuhan bermain game, edit foto, atau video akan membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi seperti prosesor, jumlah RAM minimal 4GB, serta dukungan grafis eksternal sebagai pendukung.

Menentukan Budget yang Anda Miliki

Setelah menyesuaikan dengan kebutuhan, tips membeli komputer rakitan berikutnya adalah dengan menentukan budget yang Anda miliki. Untuk memiliki sebuah komputer rakitan dengan spesifikasi cukup tinggi memang dibutuhkan dana yang cukup lebih untuk memilihnya. Pada dasarnya komponen komputer dengan spesifikasi tinggi seperti jumlah RAM, prosesor, dan grafis eksternal membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dalam merakit sebuah komputer keinginan untuk memiliki spesifikasi bagus memang tinggi.

Memastikan Komponen yang Akan Dibeli

Setelah menentukan langkah kedua, tips berikutnya adalah dengan memastikan komponen yang akan dibeli. Komponen tersebut bisa meliputi prosesor, jumlah RAM, grafis yang akan digunakan AMD atau Nvidia, atau bisa menggunakan grafis internal seperti grafis Intel, monitor, keyboard, dan juga beberapa komponen penunggu seperti mouse kabel atau menggunakan weireless.

Jangan Lupa Mencari Sumber Informasi Review

Tips yang keempat adalah mencari informasi terlebih dahulu melalui situs teknologi atau menanyakan kepada teman Anda yang mengetahui betul mengenai dunia teknologi tepatnya. Dengan begitu Anda akan lebih merasa yakin setelah menentukan dan membelinya. Untuk membeli komputer rakitan memang agak sulit, mengingat terdapat beragam merk yang beredar di pasaran.

Mencari Toko Terpercaya

Setelah Anda memastikan apa saja yang dibeli, langkah yang terakhir dalam membeli komputer rakitan adalah dengan memastikan tempat Anda akan membeli. Dengan memastikan tempat terpercaya akan kebih aman dalam proses transaksi. Selain itu pastikan juga Anda menanyakan mengenai garansi terhadap barang yang Anda beli seperti cpu, monitor atau perangkat lain.

Demikianlah tadi ulasan mengenai tips membeli komputer rakitan yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel terkait Cara merawat komput agar awet.

Loading...