Tips Membeli Kamera DSLR Bekas yang Perlu Diperhatikan

By Categories : Gadget

Dunia fotografi menjadi daya tarik sebagian orang untuk menghasilkan karya yang indah dan berbeda dengan orang lain. Kegiatan seperti hunting foto pada tempat-tempat menarik serta peran model wanita cantik menjadi penyebab kenapa orang menyukai dunia fotografi. Apalagi ketika seseorang menghasilkan objek tangkapan gambar yang indah, tentu menjadi kebanggaan bagi diri sendiri.

Tips Membeli Kamera DSLR Bekas yang Perlu Diperhatikan

Untuk memenuhi hobi ini memang dibutuhkan kamera DSLR beserta lensanya. Banyak merk kamera DSLR dengan berbagai seri yang beredar di pasaran. Adapun merk yang sering digunakan seperti Canon maupun Nikon. Seri pada kamera DSLR dibadi menjadi 3 mulai dari kamera untuk fotografer pemula, semi-pro, sampai dengan professional. Namun bagi Anda yang memiliki dana terbatas dan kurang untuk membeli kamera DSLR baru, kamera DSLR bekas menjadi ide yang tepat.

Berikut Tips Membeli Kamera DSLR Bekas

Melihat Shutter Count pada Kamera

Tips membeli kamera DSLR yang pertama adalah dengan melihat shutter count pada kamera. Shutter count sendiri merupakan batas di mana jumlah maksimal pengambilan gambar pada sebuah kamera DSLR. Biasanya setiap shutter count pada kamera DSLR berbeda satu sama lain, tergantung dengan seri dan harga. Semakin tinggi seri dan semakin mahal harga dari kamera DSLR maka semakin banyak jumlah shutter count yang dimiliki.
Untuk itu ketika Anda membeli sebuah kamera bekas DSLR maka Anda perlu mengeceknya berapa jumlah shutter count yang sudah diambil pada kamera tersebut. Adapaun cara yang bisa digunakan adalah dengan mengunjungi myshuttercount.com lalu ambil hasil objek kemudian upload foto tersebut pada situs tersebut, setelah itu lihat berapa angka yang muncul.

Memeriksa Dead Pixels pada Kamera

Tips membeli kamera DSLR bekas berikutnya adalah memeriksa dead pixels pada kamera. Untuk melihat pixel pada sebuah kamera DSLR, pada umumnya terdapat dua bagian pada layar LCD kamera serta sensor pada kamera. Untuk mengeceknya cukup mudah dengan mengambil objek, kemudian perhatikan warna pada foto. Jika terdapat bagian yang tidak berwarna, kemungkinan kamera tersebut ada yang bermasalah pada bagian sensor kamera.

Memeriksa Autofokus pada Kamera

Tips yang ketiga untuk membeli sebuah kamera DSLR bekas adalah dengan memperhatikan autofokus pada kamera. Fitur yang satu ini berguna penting pada kamera DSLR untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan maksimal. Cara pengecekan autofokus pada kamera cukup mudah yakni dengan mengambil objek gambar, jika yang dihasilkan masih bagus maka dapat dibilang fitur autofokus pada kamera tersebut masih bagus.

Kondisi Fisik pada Kamera DSLR

Tips yang terakhir adalah melihat kondisi fisik pada kamera DSLR yang akan dibeli. Sama halnya dengan poin-poin di atas, untuk poin yang satu ini sangat mudah untuk diperhatikan. Cukup periksa setiap bagian fisik pada kamera DSLR, jika terdapat beberapa kondisi yang kurang baik, dapat dipastikan pernah terjadi sesuatu pada fisik kamera tersebut. Periksa juga setiap tombol pada kamera untuk memastikan apakah masih berfungsi baik atau tidak.

Demikianlah tadi ulasan seputar mengenai tips membeli kamera DSLR bekas yang perlu diperhatikan. BAca jug artikel terkait mengenai Tips merawat kamera SDLR.

Loading...