Tips Fotografi Cara Memotret Siluet

By Categories : Tekno

Setelah kemarin membahas mengenai tips memotret sunset dan sunrise, pada pembahasan kali ini sedikit berbeda yaitu tips fotografi cara memotret siluet. Bagi para pecinta fotografi mencoba berbagai teknik merupakan salah satu cara untuk melatih kemampuan dalam memotret. Siluet sendiri adalah foto dengan obyek utama gelap dengan memiliki background yang cukup terang. Dalam memotret dengan teknik siluet memang tidak terlalu susah, asal Anda mengetahui langkah dan juga tipsnya. Beberapa langkah dan tips berikut ini dapat Anda jadikan referensi.

Tips Fotografi Cara Memotret Siluet

Tips Fotografi Cara Memotret Siluet

Memotret dengan Mematikan Flash

Hal yang satu ini sangat penting dalam melakukan teknik siluet. Ketika Anda akan memotret siluet dengan background apapun sebaiknya matikan flash pada kamera Anda. Apabila Anda tidak mematikan flash pada kamera, maka obyek utama akan terlihat terang dan menjadi foto biasa. Oleh sebab itu sebaiknya Anda mematikan terlebih dahulu flash pada kamera.

Mencari Kondisi Cahaya yang Tepat

Untuk menghasilkan foto siluet berikutnya adalah dengan cara mencari kondisi cahaya yang bagus. Usahakan background lebih terang terhadap obyek utama. Itulah mengapa kebanyakan foto siluet dilakukan pada saat sunset atau juga sunrise. Sinar matahari yang merupakan sumber cahaya terdapat di belakang obyek atau disebut dengan backlighting. Namun jangan terpaku sampai di situ saja, tetapi foto dengan teknik siluet ini dapat diambil dimana saja, dengan inti untuk menemukan background yang memiliki cahaya lebih terang dibandingkan dengan obyek utama.

Mencari Background yang Cocok

Tidak hanya mencari pencahayaan yang bagus, mencari background yang tepat juga menjadi salah satu hal yang diperhatikan untuk mendapatkan foto siluet yang bagus. Usahakan mencari background foto yang lebih terang. Selain terang, usahakan pula untuk mencari background atau latar belakang yang menarik. Untuk contohnya Anda dapat mengambi background pada pantai, atau juga pada langit pada saat matahari terbit atau juga pada sore hari menjelang petang.

Mengukur Eksposur pada Kamera dengan Tepat

Cara memotret siluet berikutnya adalah dengan cara mengukur eksposur pada kamera dengan tepat. Untuk melatih kemampuan sebaiknya Anda menggunakan mode manual eksposur. Selain itu Anda juga harus mengkombinasikan dengan aperture, dan juga shutter speed. Sebagai contoh ketika Anda baru belajar, Anda dapat melihat untuk pengaturan pada mode auto. Arahkan kamera ke background yang paling terang dengan obyek utama, kemudian pencet shutter setengah dan arahkan ke obyek utama dan barulah jepret.

Jangan Takut untuk Mencoba

Jangan takut untuk mencoba merupakan cara berikutnya untuk melatih kemampuan. Mencoba terus kombinasi antara aperture, shutter, dan juga eksposure. Ketika mengalami kegagalan, sebaiknya Anda mencoba dan juga bereksperimen dengan lingkungan di sekitar Anda. Jangan terpaku hanyak teknik siluet, cobalah teknik lainnya. Teknik siluet dapat dilakukan dimanapun.

Sekian pembahasan tips fotografi cara memotret siluet, yang terpenting adalah terus mencoba dengan melakukan banyak latihan. Baca juga artikel terkait lainnya Tips agar Foto Lebih Tajam

Loading...