Tips dan Cara Memotret Star Trail Untuk Pemula

By Categories : Tekno

Star trail dalam dunia fotografi yakni berupa teknik fotografi untuk memotret pergerakan bintang pada saat malam hari dengan mengambil eksposure berulang kali yang selanjutnya menggabungkannya ke dalam satu foto. Bagi Anda yang baru memulai untuk menggeluti dunia fotografi dengan fokus pada astrofotografi, artikel ini adalah salah satu yang Anda butuhkan, karena pada artikel ini akan dijelaskan tips dan cara memotret star trail dengan jelas untuk Anda para pemula.

Tips dan Cara Memotret Star Trail Untuk Pemula

Anda tentu ingin hasil foto yang Anda dapatkan memiliki kualitas yang bagus dengan gambar sesuai dengan apa yang Anda bayangkan dan inginkan. Untuk itu ada beberapa tips yang akan membantu Anda untuk mendapatkan foto yang bagus, sebelum Anda beranjak pada cara memotret star trail di paragraf selanjutnya.

  • Tips pertama, pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan pemotretan star trail, yakni bulan tak nampak di langit malam hari, cuaca cerah dan bintang terlihat begitu banyak. baca juga Tips memotret pada malam hari.
  • Tips kedua, yakni terkait dengan spot. Pilihlah spot yang tepat dimana tak ada polusi cahaya dari lampu-lampu kota. Gunung adalah spot yang cocok untuk melakukan pemotretan star trail ini.
  • Tips ketiga, siapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan, yakni :
    1. Kamera, lensa, tripod, battery cadangan
    2. Shutter remote (kabel rilis shutter)
    3. Kompas
    4. Perlengkapan outdoor, Tenda, Jaket, dll
    5. Logistik atau perbekalan yang cukup

Selanjutnya masuk pada bagian tentang bagaimana cara memotret star trail atau jejak/ lintasan bintang. Mungkin Anda memang pemula, tapi belum tentu karya yang Anda hasilkan tak bisa lebih baik dari pada mereka yang telah menggeluti astrofotografi terlebih dulu, khusunya untuk potret star trail foto. Berikut ini adalah cara yang perlu Anda lakukan untuk dapat menghasilkan foto star trail atau jejak/ lintasan bintang yang bagus.

  • Setelah menemukan spot yang pas, keluarkan kompas untuk mengetahui arah mata angin.
  • Tentukan objek foto Anda.
  • Pasang kamera pada tripod disertai dengan kabel rilis shutter.
  • Setting kamera pada focal length terlebar, ISO 400-1000, Aperture F/ 3,5 – F/ 2,8, setting contnuous shoot, shutter speed 30s, serta focus di infinity.
  • Arahkan kamera ke utara atau selatan untuk memperoleh star trail setengah lingkaran.
  • Tekan kabel rilis dan ambil 300 foto.
  • Setelah terkumpul, waktunya untuk melakukan stacking foto tersebut menjadi star trail utuh dengan menggunakan menggunakan software untuk mengolah foto star trail secara otomatis, seperti DeepSkyStacker, StarTrailStacker dan ImageStacker, atau lainnya.
  • Setelah jadi Anda tinggal share hasil foto star trail Anda di berbagai media untuk menunjukan karya fotografi yang telah Anda hasilkan.
Loading...