Tips Cara Merawat Kamera Mirrorless

By Categories : Gadget

Memiliki kamera bagi orang yang hobi memburu dan mengoleksi foto hasil karya sendiri memang menyenangkan. Anda bisa puas menjepret segala hal yang dapat dijadikan objek foto. Namun, jangan hanya asik memburu foto saja, Anda pun harus merawat kamera milik Anda, kamera apapun, baik kamera DSLR, kamera digital, maupun kamera mirrorless. Nah artikel ini akan menguraikan beberapa cara merawat kamera mirrorless untuk Anda yang memiliki kamera yang satu ini. Apakah Anda memilikinya? Karena memang bagi pemula dalam bidang fotografi, kamera mirrorles menjadi kamera yang cukup simple untuk digunakan dengan bentuknya yang lebih mini dibandingkan kamera DSLR.

Cara Merawat Kamera Mirrorless

Jagalah Kebersihan Lensa

Lensa menjadi salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah kamera, tak terkecuali juga pada kamera mirrorless ini, untuk itu kebersihan lensa menjadi sangat penting untuk Anda jaga dalam . Untuk menjaga kebersihan lensa, bisa digunakan cairan pembersih lensa yang banyak terdapat di toko elektronik ataupun minimarket biasa. Anda harus membersihkan lensa secara rutin atau saat lensa terlihat cukup kotor.

Namun salah satu hal yang perlu diperhatikan, khususnya oleh orang yang baru memiliki kamera atau bagi pemula adalah cara menggunakan cairan ini. Cairan ini memang umumnya memiliki kemasan semprot, namun jangan sekali-kali menyemprotkan langsung ke lensa. Cara pakainyayang benar adalah dengan menyemprotkan cairan ke kain yang tersedia bersama cairan ini, baru kemudian dilapkan ke lensa. Dengan lensa yang jernih tanpa terganggu kotoran, tentu kegiatan fotografi Anda akan lebih lancar, kamera pun akan terjaga keawetannya. Bukan hanya lensanya, Anda juga harus menjaga kebersihan kamera secara keseluruhan.

Jaga Kamera dari Air

Cara merawat kamera mirrorless yang selanjutnya adalah dengan menjaga kamera dari air atau menghindarkan kamera Anda dari air, baik air hujan, air laut, maupun air dari sumber apapun. Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa tak boleh menyemprotkan cairan pembersih langsung pada lensa. Air akan menyebabkan keadaan kamera khususnya bagian internalnya menjadi lembab, keadaan lembab bisa membuat kamera Anda cepat rusak. Untuk itu harus diusahakan untuk menghindarkan kamera dari air. Selain itu, tas kamera atau tempat yang digunakan untuk menyimpan kamera pun harus kering, sejuk, serta tidak lembab. Anda harus menjaga suhu dari lingkungan tempat Anda menyimpan kamera, termasuk jangan meninggalkan kamera di mobil terlalu lama, hal ini karena suhu mobil yang panas dan bisa beresiko pada kamera Anda.

Nah itu dia beberapa tips cara merawat kamera mirrorless yang tak jauh berbeda dengan merawat kamera lainnya. Jangan lupa juga untuk memperhatikan perubahan arus listrik pada kamera Anda karena bagaimanapun kamera merupakan peralatan elektronik yang menyimpan arus listrik. Sekian, semoga bermanfaat. Baca juga Tips merawat kamera DSLR.

Loading...