Tips Cara Mengatur File di Komputer Agar Lebih Rapi

By Categories : Tekno

Ketika kita tidak dapat menemukan file yang sedang kita cari, tentu akan sangat menjengkelkan apalagi saat dibutuhkan dengan cepat. Kebiasaan bagi para pengguna PC adalah meletakkan file penting dan juga file lainnya dalam tempat yang bersamaan. Hal itulah yang terkadang membuat file penting yang masih dibutuhkan susah untuk ditemukan. Meskipun terdapat fungsi Find atau Search dalam komputer atau juga gadget untuk menemukan file, banyak file mirip dengan file yang sedang dibutuhkan.

Penyebab hal tersebut adalah proses pencarian yang ada pada komputer akan mendeskripsi nama file sebagai kata kunci yang terdapat pada file. Nah untuk mengatasi kehilangan file penting yang dibutuhkan cara mengatur file yang baik, benar, serta terstruktur dengan baik sehingga ketika dilakukan pencarian akan mudah ditemukan. Sistem pengaturan arsip digital atau file memang disesuaikan dengan kemauan pengguna. Tetapi beberapa hal berikut ini dapat Anda jadikan sebagai referensi, langsung saja silahkan simak pembahasannya!

Cara Mengatur File di Komputer Agar Lebih Rapi

Tips Cara Mengatur File di Komputer Agar Lebih Rapi

Menghapus File yang Sudah Lama Tidak Digunakan

Untuk mengatur file agar lebih rapi sebaiknya jangan asal simpan file sembarangan. Rajinlah menghapus file yang sudah tidak digunakan lagi atau sudah usang. Kenapa demikian? Hal ini bertujuan agar tidak tercampur dengan file yang sudah lama ketika dilakukan pencarian. Selain itu bagi Anda yang mengunduh file melalui email, pastikan juga komposisinya lengkap dan baik saat dibuka sebelum disalin ke dalam komputer.

Jangan membuat struktur Folder yang terlalu Rumit

Langkah yang kedua adalah jangan membuat folder dengan nama yang terlalu rumit. Buatlah satu folder dengan nama sesuai dengan file yang Anda simpan. Hindari nama folder yang tidak berhubungan dengan file tersebut. Ini bertujuan untuk ketika Anda membutuhkan dan melakukan pencarian maka akan membantu Anda. Bagi Anda yang memiliki file rahasia dan penting, Anda dapat mengunci lokasi partisi hardisk tersebut berada, misal saja penguncian dengan menggunakan Bitlocker pada Local Disc D. Baca Juga Strategi Pemasaran Online Shop

Beri Nama Detail dan Konsisten

Pemberian nama detail dan konsisten pada sebuah file juga menjadi kunci utama untuk membuat file dalam komputer terlihat rapi. Misal saja Anda partisi untuk file kerja, diharuskan berisi tentang dokumen penting Anda dan di dalamnya berisi folder-folder terkait. Yang perlu diperhatikan selain nama folder yang jelas, pemberian nama file yang detail, sehingga ketika dilakukan pencarian lebih efisien.

Penggunaan Shortcut yang Cerdas

Penggunaan shortcut yang cerdas dapat menjadi salah satu solusi Anda dalam mengatur file di komputer agar lebih rapi. Dengan penggunaan shortcut, Anda dapat meletakkan file di dalam folder pada desktop komputer Anda. Dengan begitu Anda akan mudah untuk membuka melalui desktop komputer Anda, ketika membutuhkannya.

Demikianlah pembahasan mengenai tips cara mengatur file di komputer agar lebih rapi yang dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk penataan file yang lebih rapi dalam komputer atau laptop. Baca juga artikel Kapal Induk Tercanggih

Loading...