Tips Belanja Online Aman

By Categories : Internet

Seiring dengan tumbuhnya para pengguna internet tepatnya di Indonesia, semakin banyak dari mereka yang menyukai berbelanja online. Banyak dari mereka beralasan, belanja online adalah cara mudah untuk mendapatkan barang. Selain menghemat waktu juga dapat menghemat tenaga, karena biasanya belanja yang di pesan sudah datang langsung ke alamat yang di sertakan sebelum pembayaran.

Tetapi itu semua membutuhkan perhatian khusus, karena sekarang ini juga banyak penipuan yang beredar melalui dunia maya atau internet. Oleh karena itu dalam pembelian online diperlupan cara aman dalam melakukannya. Lalu bagaimana tips belanja online aman? Simak ulasan dibawah ini!

Tips Belanja Online Aman

Tips Belanja Online Aman

Cek Kredibilitas Terlebih Dahulu Situs Belanja Online

Sekarang ini banyak situs online yang menawarkan barang dalam kebutuhan berbelanja online. Nah sebelum Anda melakukan proses belanja online, alangkah baiknya jika memastikan terlebih dahulu situs yang akan Anda gunakan untuk transaksi belanja online (Baca juga Toko Online Terbesar dan Terpercaya di Indonesia). Hal ini bertujuan untuk menghindari segala penipuan yang juga marak terjadi di internet. Selain itu jangan lupa untuk menyertakan alamat yang lengkap dan benar, serta membaca kebijakan situs online tersebut sampai dengan jelas dan paham.

Jangan Tergiur Terhadap Harga yang Murah

Untuk memastikan produk yang akan dibeli melalui online, alangkah baiknya untuk mengecek terlebih dahulu harga barang tersebut di pasaran. Biasanya kebanyakan orang tergiur dengan harga yang sangat murah dan tidak wajar. Hal tersebut justru mencurigakan, karena harga yang ditawarkan. Apalagi sekarang ini sosial media banyak digunakan untuk keperluan jual beli online. Oleh karena itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, lakukan langkah diatas.

Membaca Deskripsi Sebuah Produk

Tips belanja online selanjutnya adalah dengan cara membaca deskripsi sebuah produk yang akan Anda beli sampai jelas. Anda wajib untuk membaca dan juga mengetahui informasi terkait produk yang akan Anda beli. Usahakan lebih teliti dalam membaca deskripsi, jangan sampai produk yang telah Anda beli tersebut tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Jika Anda kurang jelas, lebih baik untuk menghubungi langsung pihak penjual untuk mengetahuinya lebih men-detail.

Mengecek Kredibilitas Penjual

Para calon pembeli dapat menilai kredibilitas sang penjual dengan melihat langsung para pembeli lain yang sebelumnya pernah membeli di toko online yang bersangkutan. Jika terdapat testimoni yang positif, Anda dapat melanjutkan aktivitas jual beli Anda. Selain itu jika Anda belanja pada perorangan sesuai dengan lokasi melalui beberapa situs di internet, alangkah baiknya untuk melakukan COD (Cash On Delivery) atau bayar di tempat. Usahakan untuk ketemuan di tempat yang cukup ramai untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Menyimpan Bukti Transaksi Jual Beli

Untuk mengantisipasi suatu hal yang tidak diinginkan setelah membeli barang online, Anda perlu menyimpan bukti transaksi apa saja seperti resi transfer, dan juga percakapan dengan sang penjual sampai dengan transaksi sudah dilakukan. Apabila terjadi kesalahan dalam pengiriman atau juga penjual belum menyatakan menerima pembayaran yang masuk maka Anda sebagai pembeli dapat menunjukkan bukti kepada sang penjual.

Itulah tadi pembahasan mengenai Tips Belanja Online Aman yang dapat Anda lakukan sebelum bertransaksi. Baca juga artikel lainnya Cara Menghasilkan Uang Dari Internet

Loading...