Tips Agar Laptop Tidak Cepat Panas

By Categories : Hardware

Laptop cepat panas disebabkan oleh berbagai hal termasuk cara penggunaan. Cara penggunaan yang salah malah dapat membuat laptop cepat panas, akibatnya laptop akan mengalami hang dan kinerja lemot. Selain itu dampak buruk dalam jangka waktu panjang adalah kerusakan pada komponen hardware pada laptop. Hal tersebut tentu akan merugikan kita sebagai pengguna, mengingat komponen laptop mahal harganya.

Mencegah merupakan cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut. Biasanya kebanyakan orang mengabaikan akan cara penggunaan laptop. Nah bagi Anda yang tidak ingin laptop cepat panas, atau laptop Anda sering mengalami panas yang berlebih, berikut ini adalah tips agar laptop tidak cepat panas.

tips agar laptop tidak cepat panas

Tips Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Tips agar laptop tidak cepat panas yang pertama adalah dengan memperhatikan cara penggunaan yang tepat. Usahakan untuk tidak menggunakan laptop pada bantal atau di atas kasur. Hal tersebut akan membuat panas yang ada di dalam laptop tidak bisa keluar, karena udara tidak dapat bersirkulasi keluar. Dampak buruk penggunaan tersebut adalah kerusakan pada komponen di dalamya terutama pada power supply yang berfungsi untuk daya pada laptop. Baca juga Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau Komputer

Menggunakan Cooling Pad jika Anda membutuhkan. Penggunaan cooling pad dibutuhkan agar suhu laptop tidak terlalu panas, namun Anda sebaiknya jangan menggunakan cooling pad terlalu sering. Hal tersebut dikarenakan jika keseringan menggunakan cooling pad maka dapat menyebabkan kotoran seperti debu masuk ke dalam laptop. Gunakanlah sesuai dengan kebutuhan yang ada, dan usahakan gunakan pada tempat dengan kondisi bersih.

Tips agar laptop tidak cepat panas berikutnya adalah dengan memperhatikan suasana sekitar. Usahakan untuk tidak main laptop pada kondisi suasana panas. Meskipun harus menggunakan, usahakan istirahatkan sebentar laptop Anda agar suhu panas menurun dengan cara menggunakan mode sleep atau mode hibernate. Dengan cara tersebut maka kinerja laptop akan terhenti sebentar terutama menggunakan mode hibernate.

Rajin-rajinlah untuk membersihkan lubang ventilasi pada laptop agar debu di dalam laptop yang menempel dapat keluar. Anda dapat menggunakan mini vacuum cleaner portable agar lebih mudah cara penggunaannya. Debu menumpuk membuat suhu laptop cepat panas, karena sirkulasi udara tidak dapat lancar.

Usahakan untuk mengatur cahaya pada LCD jangan terlalu terang. Selain akan mempengaruhi daya baterai cepat habis, penggunaan layar LCD terlalu terang juga dapat membuat laptop cepat panas serta tidak baik untuk kesehatan mata. Sebaiknya Anda turunkan kepekaan cahaya pada LCD laptop Anda.

Jangan terlalu lama dalam bermain game serta membuka aplikasi dengan beban yang berat. Orang biasanya asik bermain game, sehingga lupa akan waktu. Padahal game berat akan mengakibatkan prosesor laptop akan bekerja lebih, sehingga akan menimbulkan panas. Selain itu RAM dan VGA akan bekerja ketika game berat dimainkan.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai tips agar laptop tidak cepat panas. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Harga dan Spesifikasi Asus Zenfone 6

Loading...