Tips agar Foto Lebih Tajam

By Categories : Tekno

Untuk menciptakan foto agar lebih tajam diperlukan tips dan trik dalam pengambilan gambar. Biasanya para pecinta fotografi mengambil gambar dengan angle yang unik, dan gambar yang tajam. Untuk mengambil gambar tajam tidaklah mudah. Lalu bagaimana untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam? Langsung saja pada pembahasan, berikut ini adalah tips agar foto lebih tajam.

tips agar foto lebih tajam

Tips agar Foto Lebih Tajam

Menggunakan Bantuan Tripod

Ketika Anda memotret dengan menggunakan kamera tentu akan sedikit bergoyang dan bergerak, pasti hal tersebut dapat mempengaruhi gambar yang diambil. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat menggunakan tripod sebagai alat pembantu. Tetapi pastikan terlebih dahulu pilihlah tripod yang stabil dan kokoh, agar saat pengambilan gambar tidak goyang dan bergerak. Jangan lupa juga menggunakan kepala tripod yang sama pentingnya dengan tripod.

Cara Memegang Kamera yang Benar

Saat tidak menggunakan tripod, Anda dapat mencari jalan alternative yaitu dengan cara memegang kamera dengan benar. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir goyang saat pengambilan gambar. Tips lainnya adalah sebaiknya Anda menahan nafas saat pemotretan berlangsung.

Memanfaatkan Timer pada Kamera

Anda dapat menggunakan fitur timer yang ada di kamera. Fitur timer ini akan berguna bagi Anda yang melakukan teknik bulb dengan menggunakan tripod. Tetapi tidak hanya itu saja Anda juga dapat menggunakan timer untuk menghasilkan gambar tajam. Pada umumnya terdapat self timer dengan waktu yang berbeda seperti misal 2 detik atau 10 detik.

Menggunakan Bantuan Kabel Rilis

Cable Release dapat membantu Anda tidak perlu menekan tombol shutter speed dengan tangan. Ini akan mengurangi kemungkinan kamera bergerak dan bergoyang. Kabel ini dapat berupa kabel yang menempel ke kamera ataupun yang lebih canggih dengan menggunakan remote nirkabel.

Mengaktifkan Stabilizer Lensa

Image stabilization, atau vibration reduction dapat dimanfaatkan untuk menambah ketajaman pada hasil gambar. Fitur tersebut biasanya sudah ada pada lensa kamera entah itu Nikon, ataupun Canon. Namun perlu diperhatikan juga saat pemakain tripod, karena IS dan juga VR membutuhkan penyesuaian. Baca juga Teknik Dasar Fotografi bagi Pemula

Menggunakan Shutter Speed yang Pas

Menggunakan shutter speed yang cepat merupakan langkah yang baik dalam mendapatkan hasil foto yang tajam. Oleh karena itu Anda harus pandai dalam melakukan pengaturan shutter speed pada kamera. Latihlah kemampuan pengaturan pada kamera untuk melatih Anda dalam bermain dengan kamera.

Membersihkan dan Merawat Lensa

Membersihkan dan juga merawat kamera merupakan langkah yang baik ketika kamera sudah berumur. Cobalah bawa kamera Anda ke tempat servis untuk mengecheck komponen di dalamnya. Kebersihan lensa pada bagian optiknya akan membantu kecepatan autofokus.

Menggunakan Aplikasi untuk Edit

Tentu untuk menghasilkan gambar yang tajam dan menarik, Anda perlu menggunakan bantuan aplikasi pada laptop atau komputer. Gunakanlah aplikasi untuk mengedit foto untuk menyempurnakan hasil. Anda dapat menggunakan fitur sharpening atau ketajaman untuk menghasilkan foto yang menarik. Namun yang perlu diingat adalah jangan terlalu berlebihan saat mengeditnya.

Nah itulah beberapa Tips agar Foto Lebih Tajam, selain cara di atas Anda juga perlu mempelajari iso, shutter, dan juga aperture pada kamera. Baca juga artikel terkait lainnya Tips Memilih Kamera DSLR

Loading...