Teknologi Virtual Reality Beserta Pengertiannya

By Categories : Tekno

Bagi orang awam akan bertanya apa itu teknologi virtual reality? Virtual reality merupakan sebuah teknologi yang dikembangkan dengan menggunakan perangkat canggih dirancang khusus yang mampu membuat seseorang berinteraksi dengan objek imajinasi dengan suasana 3 dimensi yang seolah-olah nyata terjadi. Teknologi ini menawarkan pengalaman lebih daripada menonton bioskop menggunakan kacamata 3D yang seolah-olah gambar pada layar dekat dengan mata.

Dengan bantuan perangkat komputer dan peralatan mendukung membuat seseorang seperti berada di dunia nyata, padahal sebenarnya mereka berada di dunia virtual. Teknologi ini sudah banyak digunakan di berbagai bidang seperti pekerja medis, arsitek, peramu obat, bahkan masuk ke dalam dunia gamer. Saat ini banyak game yang menggunakan teknologi virtual reality agar lebih terkesan. Untuk mengenal lebih mengenai apa itu virtual reality, simak ulasannya berikut ini.

Teknologi Virtual Reality Beserta Pengertiannya

Berikut Teknologi Virtual Reality beserta Pengertiannya

Di samping itu teknologi ini juga diaplikasikan pada pilot pesawat terbang dalam melakukan simulasi penerbangan sebelum mereka menerbangkan sebuah pesawat dalam dunia nyata. Hal ini tentu sangat berguna agar si pilot lebih terbiasa dan mengenal medan serta mendapatkan gambaran ketika menerbangan pesawat secara nyata.

Dalam dunia militer pun juga memanfaatkan virtual reality untuk keperluan simulasi perang para tentara. Mereka akan merasakan situasi di medan perang secara nyata dengan menggunakan teknologi ini. Cara ini dinilai cukup efektif dalam latihan perang secara virtual dan ekonomis dibandingkan dengan latihan perang sesungguhnya.

Untuk mendukung teknologi virtual reality terdapat perangkat canggih berupa helm, headset, walker, dan juga sarung tangan. Fungsi dari helm adalah membuat tampilan gambar yang dilihat si pengguna nampak lebih dekat dan nyata. Sementara untuk headset dapat memberikan efek suara pada pengguna dengan jelas, sehingga membuat pengguna nampak seperti di dalam suasana nyata.

Walker dan sarung tangan berfungsi untuk menangkap gerakan pada kaki dan tangan, dan memberikan suasana nyata pada kedua anggota tubuh tersebut ketika di dalam lingkungan yang diciptakan oleh teknologi virtual reality. Sebagai contoh pengguna akan merasakan sedang berada di medan perang sesungguhnya seperti membawa senjata serta merasakan langkah kaki yang terasa berat ketika berjalan di atas tanah berumpur. Adapun sistem kerja dari virtual reality sebagai berikut. Baca Fitur-Fitur Rahasia WhatsApp

  • Virtual word merupakan sebuah konten yang mampu menciptakan dunia secara virtual dalam bentuk screenplay.
  • Immersion merupakan sensasi yang membuat pengguna teknologi ini akan merasakan berada di sebuah lingkungan nyata, padahal mereka berada dalam dunia virtual saja dan hanya fiktif dalam arti tidak terjadi secara nyata. Immersion meliputi mental pengguna dan fisik pengguna yang semuanya akan larut dan merasakan di dalam lingkungan yang dihasilkan oleh virtual reality.
  • Sensory feedback bergungsi dalam menyampaikan informasi dari virtual world menuju indera pengguna. Untuk elemen ini mencakup penglihatan, pendengaram serta sentuhan.
  • Interactivity berguna untuk merespon aksi pengguna, sehingga mereka dapat berinteraksi secara langsung di dalam dunia virtual.

Semua elemen yang terdapat di dalam teknologi tersebut mampu membuat penggunanya seolah merasakan sedang berada di dalam dunia nyata secara psikologis maupun secara fisik. Demikianlah tadi pembahasan mengenai teknologi virtual reality beserta pengertiannya yang dapat Anda ketahui. Baca 5 Aplikasi Cari Jodoh di Android Online

Loading...